Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar 9 Anime Terbaik Sepanjang Masa Yang Wajib Ditonton Karya Studio Ghibli

Anime movie karya Studio Ghibli, khususnya yang digarap oleh Hayao Miyazaki dan Isao Takahata, memiliki cerita yang heartwarming dengan antagonis yang tidak sepenuhnya jahat.

Film anime buatan Studio Ghibli juga selalu memberikan suasana dan musik yang dapat menenangkan jiwa dan pikiran, tetapi dengan petualangan yang mendebarkan di setiap cerita.

Oleh sebab itu, anime-anime terbaik produksi Studio Ghibli mampu membuat penonton terpukau hingga terbawa ke dunia yang penuh imajinasi meskipun sudah diluncurkan cukup lama.

Tidak mengherankan pula jika film anime dari Studio Ghibli direkomendasikan sebagai anime terbaik sepanjang masa yang wajib ditonton karena memiliki kualitas yang luar biasa.

Bagi kamu yang masih ragu untuk menonton anime Studio Ghibli, berikut telah disiapkan daftar rekomendasi anime terbaik sepanjang masa karya Studio Ghibli yang wajib ditonton.

Rekomendasi Anime Terbaik Sepanjang Masa Dari Studio Ghibli

Sen to Chihiro no Kamikakushi

Sen to Chihiro no Kamikakushi
  • Judul Alternatif: Spirited Away
  • Tahun: Summer 2001
  • Genre: Adventure, Supernatural

Cerita berawal ketika seorang gadis manja berusia 10 tahun bernama Ogino Chihiro pindah ke sebuah daerah terpencil bersama orang tuanya.

Namun, Chihiro dan orang tuanya justru tersesat ke dalam hutan saat di perjalanan, dan menemukan sebuah taman hiburan yang terbengkalai.

Chihiro memutuskan untuk masuk ke dalam bersama orang tuanya, tetapi orang tuanya berubah menjadi babi setelah makan di sebuah restoran.

Ternyata, Chihiro telah memasuki Dunia Roh, sehingga harus menemukan cara untuk menyelamatkan orang tuanya dan kembali ke dunia manusia.

Chihiro juga ditolong oleh seorang pemuda misterius bernama Haku untuk bertahan hidup di Alam Roh dengan bekerja di pemandian air panas.


Mononoke Hime

Mononoke Hime
  • Judul Alternatif: Princess Mononoke
  • Tahun: Summer 1997
  • Genre: Action, Adventure, Fantasy

Menceritakan tentang seorang pangeran bernama Ashitaka yang terkena kutukan karena berusaha untuk melindungi desanya dari monster yang mengamuk.

Kemudian, Ashitaka diperintahkan oleh tetua suku untuk menghilangkan kutukan yang mengancam hidupnya dengan pergi melakukan perjalanan ke Barat.

Ashitaka akhirnya tiba di pabrik besi Nyonya Eboshi yang melakukan deforestasi besar-besaran, sehingga memicu pertempuran dengan Putri Mononoke.

Ashitaka juga harus terlibat dalam pertempuran antara Nyonya Eboshi dan Putri Mononoke bersama para serigala setelah menemukan penyebab kutukan.


Howl no Ugoku Shiro

Howl no Ugoku Shiro
  • Judul Alternatif: Howl's Moving Castle
  • Tahun: Fall 2004
  • Genre: Adventure, Drama, Fantasy, Romance

Cerita berawal ketika seorang gadis pengerajin topi bernama Sophie Hatter diselamatkan oleh seorang penyihir bernama Howl.

Howl adalah seorang penyihir yang tinggal di Kastil yang Bergerak dan dirumorkan akan mengambil jantung gadis yang cantik.

Namun, Sophie terlibat masalah dengan Penyihir dari Pembuangan dan dikutuk menjadi wanita tua setelah bertemu dengan Howl.

Oleh karena itu, Sophie melakukan perjalanan dengan tinggal di Kastil yang Bergerak bersama Howl untuk mematahkan kutukan.


Hotaru no Haka

Hotaru no Haka
  • Judul Alternatif: Grave of the Fireflies
  • Tahun: Spring 1988
  • Genre: Drama, Historical

Bercerita mengenai seorang anak laki-laki bernama Seita dan adik perempuannya, Setsuko, yang kehilangan keluarga, tempat tinggal, dan masa depan karena perang.

Seita dan Setsuko menjadi yatim piatu dan tunawisma setelah kampung halaman mereka dibombardir oleh Amerika menjelang akhir Perang Dunia Kedua pada tahun 1945.

Namun, orang dewasa menjadi apatis di tengah penderitaan karena perang, sehingga Seita dan Setsuko terpaksa berjuang sendiri menghadapi kelaparan dan penyakit.


Tonari no Totoro

Tonari no Totoro
  • Judul Alternatif: My Neighbor Totoro
  • Tahun: Spring 1988
  • Genre: Adventure, Supernatural

Bercerita mengenai dua gadis bersaudara, Satsuki dan Mei, yang pindah ke sebuah rumah tua bersama ayahnya, Tatsuo Kusakabe.

Kusakabe memutuskan untuk pindah ke sebuah daerah pedesaan supaya lebih mudah menjaga istrinya yang dirawat di rumah sakit.

Mei bertemu dengan Roh Hutan, Totoro, yang tinggal di pohon besar dekat rumahnya setelah mengikuti makhluk seperti kelinci.

Satsuki juga bertemu dengan Totoro ketika menunggu kepulangan ayahnya di tengah hujan bersama Mei dan mereka menjadi teman.

Tenkuu no Shiro Laputa

Tenkuu no Shiro Laputa
  • Judul Alternatif: Castle in the Sky
  • Tahun: Summer 1986
  • Genre: Adventure, Fantasy, Romance, Sci-Fi

Cerita berawal ketika seorang gadis bernama Sheeta terjatuh dari kapal udara di tengah pertempuran antara agen pemerintah dan kelompok perompak yang mengincar batu kristal peninggalan leluhurnya.

Sheeta selamat dengan melayang menggunakan kekuatan batu kristal dan ditolong oleh seorang pemuda bernama Pazu yang berambisi untuk pergi ke Kastil di Langit "Laputa" yang pernah dilihat ayahnya.

Ternyata, Sheeta adalah keturunan penduduk Laputa sehingga Pazu berusaha untuk melindungi Sheeta dari kejaran agen pemerintah dan kelompok perompak. Namun, Sheeta tertangkap oleh agen pemerintah.

Oleh sebab itu, Pazu memutuskan untuk bekerja sama dengan kelompok perompak agar bisa menyelamatkan Sheeta dari agen pemerintah, kemudian pergi melakukan petualangan ke Kastil di Langit "Laputa".


Majo no Takkyuubin

Majo no Takkyuubin
  • Judul Alternatif: Kiki's Delivery Service
  • Tahun: Summer 1989
  • Genre: Adventure, Comedy, Drama, Fantasy

Menceritakan tentang seorang gadis penyihir berusia 13 tahun bernama Kiki yang harus meninggalkan rumah untuk mengikuti tradisi dengan menjalani pelatihan.

Kiki pergi setidaknya satu tahun bersama kucingnya, Jiji, dan hanya membawa radio ayahnya, tanpa memiliki keahlian khusus kecuali terbang menggunakan sapu.

Namun, Kiki tertidur di dalam kereta setelah berteduh karena tiba-tiba turun hujan di tengah perjalanan hingga menemukan sebuah kota yang dikelilingi laut.

Kiki memutusakan untuk tinggal di sebuah toko roti bersama Osono dan suaminya, lalu membuka Jasa Pengiriman Kiki berbekal kemampuannya terbang dengan sapu.


Mimi wo Sumaseba

Mimi wo Sumaseba
  • Judul Alternatif: Whisper of the Heart
  • Tahun: Summer 1995
  • Genre: Drama, Romance, Slice of Life, Shoujo

Cerita berawal ketika seorang gadis berusia 14 tahun yang suka membaca buku dan menulis puisi, Shizuku Tsukishima, menemukan nama Amasawa Seiji di kartu perpustakaan di semua buku yang dipinjamnya.

Kemudian, Shizuku menemukan seekor kucing di kereta saat hendak ke perpustakaan dan mengikutinya hingga ke sebuah toko barang antik yang menyimpan patung kucing bernama Baron Humbert von Gikkingen.

Shizuku akhirnya bertemu dengan seorang pemuda bernama Amasawa Seiji di toko. Namun, Seiji akan segera pergi ke luar negeri untuk belajar agar dapat menggapai cita-citanya menjadi pengerajin biola.

Oleh karena itu, Shizuku juga mencoba untuk menguji keterampilannya dengan menulis cerita bertajuk "Whisper of the Heart" dan menjadikan The Baron sebagai tokoh utama sambil menunggu Seiji kembali.


Kaze Tachinu

Kaze Tachinu
  • Judul Alternatif: The Wind Rises
  • Tahun: Summer 2013
  • Genre: Drama, Romance, Historical

Menceritakan tentang seorang pemuda bernama Jiro Horikoshi yang tidak bisa menjadi pilot karena rabun jauh, dan melanjutkan mimpinya menjadi seorang perancang pesawat.

Jiro bermimpi untuk menjadi insinyur penerbangan dan merancang pesawat terbang karena terinspirasi oleh seorang insinyur aeronautika Italia, Giovanni Battista Caproni.

Jiro juga belajar teknik penerbangan di Universitas Tokyo, dan bertemu dengan seorang gadis bernama Nahoko Satomi setelah terjadi gempa bumi dalam perjalanan ke Tokyo.

Lalu, Jiro bekerja di Mitsubishi dan dikirim untuk belajar di sebuah perusahaan manufaktur pesawat Jerman sebelum mencoba merancang pesawat tempur Mitsubishi A6M Zero.