Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Rekomendasi Anime Bertema Game Yang Wajib Ditonton Gamers

Setiap gamer tentu ingin merasakan pengalaman menyenangkan dalam bermain game, seperti menjalin hubungan pertemanan, bermain bersama, dan mendapatkan pasangan.

Sebagian gamers juga pasti pernah membayangkan menjadi karakter dan masuk ke dalam game favoritnya, bahkan menjadi top player hingga pemain eSport profesional.

Namun, jangan khawatir jika belum pernah mengalaminya, sebab anime bertema game bisa membantu untuk memberikan pengalaman yang menyenangkan dalam bermain game.

Anime bertema game menghadirkan beragam cerita, mulai dari pindah ke dunia game, hubungan pertemanan dan asmara antar pemain, hingga perjuangan pemain eSports.

Jika kamu adalah seorang gamer dan tertarik menonton anime tentang game, berikut daftar rekomendasi anime bertema game terbaik yang wajib ditonton para gamers.

Rekomendasi Anime Bertema Game

Overlord

Overlord
  • Tahun: Summer 2015
  • Studio: Madhouse
  • Genre: Action, Adventure, Fantasy, Supernatural, Isekai

Berlatar di dalam Dive Massively Multiplayer Online Role Playing Games (DMMO-RPG) bernama Yggdrasil, yang populer karena menawarkan peta yang luas dan kebebasan bertindak kepada pemainnya.

Suatu hari, Yggdrasil terpaksa menutup server, sehingga seorang pemain yang sangat menyukai Yggdrasil, Momonga, memutuskan untuk menunggu penutupan server dengan tinggal di bangunan guild.

Akan tetapi, Momonga mendapati dirinya masih berada di dalam Yggdrasil dengan semua konsol game menghilang, tidak bisa keluar, dan NPC menjadi hidup seperti manusia setelah server ditutup.

Kemudian, Momonga mengumpulkan informasi dengan mengganti nama menjadi nama guild-nya, Ainz Ooal Gown, untuk menyebarkan namanya ke seluruh dunia agar bisa ditemukan oleh pemain yang lain.


Sword Art Online

Sword Art Online
  • Tahun: Summer 2012
  • Studio: A-1 Pictures
  • Genre: Action, Adventure, Fantasy, Romance

Cerita berlatar pada tahun 2022 setelah peluncuran Virtual Reality Massive Multiplayer Online Role-Playing Game (VRMMORPG) bernama Sword Art Online (SAO).

Pemain membutuhkan sebuah perangkat keras bernama NerveGear untuk memainkan game SAO, guna melakukan "Full Dive" dan menggerakkan karakter dengan pikiran.

Namun, sepuluh ribu pemain terjebak di dalam game SAO karena tidak bisa menemukan tombol logout, termasuk seorang pemain yang menjadi beta tester, Kirito.

Kemudian, muncul pemberitahuan dari Game Master bahwa pemain harus menaklukkan Boss terakhir di lantai 100 menara dungeon jika ingin keluar dari game SAO.

Selain itu, pemain game SAO juga dipaksa untuk mempertaruhkan nyawa, karena tubuh di dunia nyata akan mati bila karakter di dunia game mengalami kematian.

Log Horizon

Log Horizon
  • Tahun: Fall 2013
  • Studio: Satelight
  • Genre: Action, Adventure, Fantasy

Cerita bermula ketika sekitar tiga puluh ribu pemain MMO-RPG Elder Tale di Jepang tiba-tiba terperangkap di dalam dunia game.

Namun, seorang pemain bernama Shiroe langsung menghubungi teman-temannya setelah menyadari bahwa tidak bisa keluar dari game.

Shiroe adalah pemain veteran Elder Tale yang menjadi ahli strategi dari sebuah party legendaris bernama Debauchery Tea Party.

Kemudian, Shiroe mulai mencari informasi dan mencoba untuk menyusun strategi agar kehidupan di dunia game menjadi lebih baik.


Net-juu no Susume

Net-juu no Susume
  • Tahun: Fall 2017
  • Studio: Signal.MD
  • Genre: Comedy, Romance

Bercerita mengenai seorang wanita 30 tahun bernama Morioka Moriko yang memilih untuk menjadi NEET (Not in Education, Employment, or Training) setelah berhenti bekerja.

Morioka tidak memiliki pasangan sehingga menghabiskan waktunya sebagai pengangguran untuk bermain game MMORPG menggunakan karakter laki-laki dengan nickname "Hayashi".

Hayashi juga payah dalam bermain. Namun, Hayashi bertemu dengan karakter perempuan yang diberi nickname "Lily", yang dimainkan oleh seorang pria bernama Yuuta Sakurai.

Lalu, Lily mengirim permintaan pertemanan kepada Hayashi untuk membantunya bermain game dengan menyelesaikan quest, menaikkan level, dan melakukan petualangan bersama.


Itai no wa Iya nano de Bougyoryoku ni Kyokufuri Shitai to Omoimasu.

Itai no wa Iya nano de Bougyoryoku ni Kyokufuri Shitai to Omoimasu
  • Tahun: Winter 2020
  • Studio: SILVER LINK.
  • Genre: Action, Adventure, Comedy, Fantasy, Sci-Fi

BOFURI mengisahkan tentang seorang gadis bernama Kaede Honjou yang bermain game NewWorld Online karena diminta oleh temannya, Risa Shiramine.

Kemudian, Kaede membuat karakter dengan nama "Maple" dan memilih senjata perisai karena tidak ingin merasakan sakit ketika menerima serangan.

Selain itu, Maple juga menghabiskan semua Status Points miliknya untuk meningkatkan daya tahan, sehingga pergerakannya menjadi sangat lambat.

Namun, Maple memutuskan untuk melanjutkan permainan, dan terus meningkatkan pertahanannya setelah menaikkan level dengan mengalahkan monster.


Quanzhi Gaoshou

Quanzhi Gaoshou
  • Tahun: Spring 2017
  • Studio: B.CMAY PICTURES
  • Genre: Action

Donghua ini bercerita tentang seorang pemain profesional game MMO Glory bernama Ye Xiu yang sudah melegenda dan dijuluki sebagai "Battle God".

Namun, Ye Xiu dibuang oleh timnya dan diminta untuk menyerahkan akun yang digunakannya, sehingga harus meninggalkan karirnya di dunia eSports.

Ye Xiu melanjutkan hidupnya dengan bekerja menjadi penjaga sebuah internet kafe, lalu membuat akun baru karena server ke-10 Glory baru dibuka.

Ye Xiu memulai kembali semuanya dari nol menggunakan akun baru dengan 10 tahun pengalaman bermain Glory sebagai pemain profesional legendaris.


Accel World

Accel World
  • Tahun: Spring 2012
  • Studio: Sunrise
  • Genre: Action, Romance, Sci-Fi, School

Menceritakan tentang seorang siswa SMA bertubuh gendut bernama Arita Haruyuki, yang sudah menyerah dengan kehidupan sekolahnya sehingga menganggap dunia virtual sebagai dunianya.

Suatu hari, seorang siswi cantik yang sangat populer di sekolah, Kuroyukihime, mengundang Haruyuki untuk bertemu, lalu mengenalkan sebuah program misterius bernama "Brain Burst".

Brain Burst adalah program yang digunakan oleh "Burst Linker" untuk masuk ke Dunia Percepatan "Accel World" dengan meningkatkan kemampuan berpikir hingga seribu kali lebih cepat.

Kuroyukihime juga meminta Haruyuki supaya membantunya mencapai Level 10 dengan bertarung melawan Burst Linker lain untuk mencari orang yang telah menciptakan program Brain Burst.

Hai to Gensou no Grimgar

Hai to Gensou no Grimgar
  • Tahun: Winter 2016
  • Studio: A-1 Pictures
  • Genre: Action, Adventure, Drama, Fantasy, Isekai

Mengisahkan tentang seorang remaja bernama Haruhiro dan teman-teman party-nya yang lemah dan harus berjuang untuk bertahan hidup.

Semua berawal ketika sekelompok remaja terbangun di sebuah dunia seperti game, Grimgar, tanpa mengingat tentang dunia sebelumnya.

Kemudian, mereka diminta bergabung dengan tentara sukarelawan jika ingin diberi lencana pelatihan dan uang untuk hidup sementara.

Mereka harus melanjutkan hidup dengan membentuk party untuk mengalahkan monster agar mendapatkan barang jarahan, lalu menjualnya.


Gaikotsu Kishi-sama, Tadaima Isekai e Odekakechuu

Gaikotsu Kishi-sama, Tadaima Isekai e Odekakechuu
  • Tahun: Spring 2022
  • Studio: Studio Kai, HORNETS
  • Genre: Action, Fantasy, Isekai

Mengisahkan tentang seorang gamer yang masuk ke dunia game sebagai karakternya, Arc, setelah tertidur saat bermain game.

Arc merupakan karakter Kesatria Suci berwujud kerangka dengan perlengkapan luar biasa dan memiliki berbagai macam skill.

Arc harus melakukan petualangan dengan menyembunyikan sosoknya supaya tidak menimbulkan keributan karena dikira monster.

Lalu, Arc mendaftar ke sebuah guild untuk menjalankan quest, dan bertemu dengan pejuang Elf bernama Ariane Glenys Maple.