Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Rekomendasi Anime Tentang Pekerjaan Berlatar Di Tempat Kerja

Anime dengan cerita berlatar di tempat kerja dapat memberikan motivasi dan gambaran tentang pekerjaan bagi yang akan memasuki dunia kerja.

Namun, anime bertema pekerjaan dengan latar di tempat kerja juga bisa menjadi sarana menyegarkan pikiran bagi yang penat dengan pekerjaan.

Hal itu karena anime tentang pekerjaan berlatar di tempat kerja menghadirkan berbagai jenis pekerjaan dengan cerita santai ataupun serius.

Bagi yang mencari referensi atau justru ingin sejenak melupakan realitas dunia kerja, berikut rekomendasi anime tentang pekerjaan terbaik.

Rekomendasi Anime Tentang Pekerjaan

Shirobako

Shirobako
  • Tahun: Fall 2014
  • Studio: P.A. Works
  • Genre: Comedy, Drama

Mengisahkan tentang lima gadis anggota Klub Animasi yang telah berjanji akan bekerja keras untuk membuat anime bersama.

Setelah lulus sekolah, mereka semua berusaha untuk meniti karir di industri anime sesuai dengan keahlian masing-masing.

Shizuka Sakaki berjuang untuk menjadi pengisi suara dan Midori Imai melanjutkan belajar untuk menjadi penulis skenario.

Sementara itu, Misa Toudou bekerja di sebuah perusahaan 3DCG, dan Yasuhara Ema menjadi animator di Musashino Animation.

Miyamori Aoi juga bekerja di Musashino Animation sebagai asisten produksi, yang membantu menghubungkan proses produksi.


Working!!

Working!!
  • Tahun: Spring 2010
  • Studio: A-1 Pictures
  • Genre: Comedy, Workplace, Seinen

Berawal ketika seorang siswa SMA, Souta Takanashi, mendapat tawaran untuk bekerja paruh waktu di restoran keluarga "Wagnaria" dari seorang gadis mungil bernama Popura Taneshima.

Lalu, Takanashi langsung mengambil tawaran untuk bekerja paruh waktu sebagai pramusaji di Wagnaria karena tidak tahan dengan tingkah kekanak-kanakan Taneshima yang menggemaskan.

Takanashi ingin melindungi Taneshima karena menyukai hal-hal kecil dan lucu. Namun, Takanashi harus melalui masa-masa sulit karena tempat kerjanya penuh dengan orang-orang aneh.


Wotaku ni Koi wa Muzukashii

Wotaku ni Koi wa Muzukashii
  • Tahun: Spring 2018
  • Studio: A-1 Pictures
  • Genre: Romance, Workplace

Mengisahkan tentang seorang pegawai ceroboh bernama Narumi Momose yang hampir terlambat masuk kerja pada hari pertama bekerja.

Narumi berencana untuk merahasiakan hobinya sebagai otaku supaya tidak diketahui oleh orang lain di tempat kerjanya yang baru.

Namun, Narumi justru bertemu dengan teman masa kecilnya, Hirotaka Nifuji, yang juga otaku dan bekerja di perusahaan yang sama.

Narumi mengajak Hirotaka untuk makan malam bersama setelah pulang bekerja, kemudian Hirotaka mengajak Narumi untuk berpacaran.


Hanasaku Iroha

Hanasaku Iroha
  • Tahun: Spring 2011
  • Studio: P.A. Works
  • Genre: Drama, Workplace

Bercerita tentang seorang gadis SMA bernama Ohana Matsumae yang tinggal bersama ibunya di Tokyo dan belum menentukan masa depannya.

Suatu hari, ibu Ohana terpaksa pindah dengan pacarnya karena terlilit utang, sehingga Ohana dikirim untuk tinggal bersama neneknya.

Ohana harus melanjutkan hidup di pedesaan dengan tinggal di penginapan "Kissuiso" milik neneknya dan mulai bekerja sebagai pelayan.

New Game!!

New Game!!
  • Tahun: Summer 2016
  • Studio: Doga Kobo
  • Genre: Comedy, CGDCT

Bercerita mengenai seorang gadis bernama Suzukaze Aoba yang langsung bekerja di perusahaan pengembang game Eagle Jump setelah lulus dari sekolah.

Aoba ingin menjadi seorang desainer karakter karena terkesan dengan desain karakter dari game Fairies Story yang pernah dimainkannya waktu kecil.

Di tempat kerjanya, Aoba bertemu dengan seorang desainer karakter bernama Yagami Kou yang telah membuat desain karakter untuk game Fairies Story.

Selain itu, Aoba juga bertemu dengan senior-senior yang bersahabat, kemudian berusaha untuk menggapai mimpinya menjadi seorang desainer karakter.


Blend S

Blend S
  • Tahun: Fall 2017
  • Studio: A-1 Pictures
  • Genre: Comedy, Workplace

Menceritakan tentang seorang gadis SMA bernama Maika Sakuranomiya yang kesulitan mendapatkan pekerjaan paruh waktu karena mempunyai tatapan mata yang kejam.

Maika mencari pekerjaan supaya bisa menabung untuk biaya sekolah ke luar negeri dengan kerja kerasnya sendiri tanpa bantuan orang tua, karena ingin mandiri.

Suatu hari, Maike akhirnya mendapatkan pekerjaan paruh waktu sebagai pelayan untuk memerankan karakter sadis dengan memandang jijik pelanggan di Cafe Stile.

Stile merupakan sebuah kafe dengan konsep menghadirkan pelayan yang memiliki karakteristik seperti tsundere, sadistic, dan imouto, untuk melayani pelanggan.

Isekai Shokudou

Isekai Shokudou
  • Tahun: Summer 2017
  • Studio: SILVER LINK.
  • Genre: Fantasy, Gourmet, Slice of Life, Iyashikei, Workplace

Cerita berlatar di Western Restaurant Nekoya yang berlokasi di lantai bawah sebuah gedung di sudut pusat perbelanjaan dekat area perkantoran.

Nakoya sudah sejak lama menyajikan makanan untuk pegawai kantor dan pelanggan yang datang ke restoran. Namun, Nekoya memiliki sebuah rahasia.

Setiap 7 hari sekali di hari sabtu, mulai dari matahari terbenam hingga tengah malam, pintu Nekoya akan muncul di suatu tempat di dunia lain.

Oleh karena itu, Nekoya juga melayani pelanggan dengan berbagai ras yang selalu datang dari dunia lain ketika restoran tutup pada hari sabtu.


Hakozume: Kouban Joshi no Gyakushuu

Hakozume: Kouban Joshi no Gyakushuu
  • Tahun: Winter 2022
  • Studio: Madhouse
  • Genre: Comedy, Slice of Life, Police, Seinen

Menceritakan tentang seorang polwan bernama Mai Kawai yang menjadi polisi hanya karena ingin memiliki penghasilan terjamin, tanpa alasan yang mendalam.

Namun, Kawai menyesal sudah menjadi polisi setelah mengetahui bahwa pekerjaannya sangat melelahkan dan dibenci orang, sehingga ingin mengundurkan diri.

Lalu, Kawai mendapat instruktur seorang polwan mantan andalan Divisi Kriminal, Seiko Fuji, yang dimutasi ke Pos Polisi karena penyalahgunaan kekuasaan.

Kawai belajar banyak dari Fuji, sehingga tidak jadi mengundurkan diri setelah menyadari pentingnya pekerjaan sebagai polisi untuk menegakkan peraturan.

Sakura Quest

Sakura Quest
  • Tahun: Spring 2017
  • Studio: P.A. Works
  • Genre: Comedy, Slice of Life

Menceritakan tentang seorang gadis bernama Yoshino Koharu yang tidak menyukai pedesaan dan mendambakan pekerjaan di Tokyo.

Namun, Yoshino tidak kunjung diterima bekerja setelah lulus kuliah meskipun sudah berusaha melamar ke berbagai perusahaan.

Suatu hari, Yoshino mendapat tawaran pekerjaan menjadi pembicara untuk melakukan promosi sebagai Ratu Kerajaan Chupacabra.

Kerajaan Chupacabra merupakan sebuah kawasan wisata pedesaan berupa negara mikro di kota Manoyana yang mulai ditinggalkan.

Yoshino menerima kontrak kerja 1 tahun dari Dinas Pariwisata sehingga harus berusaha untuk membuat Manoyama ramai kembali.