Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sad Series: 9 Rekomendasi Anime Sedih Bikin Nyesek Sampai Nangis

Sad Ending! Meski sudah diberi peringatan bahwa cerita sebuah anime akan berakhir menyedihkan, hal itu tidak sedikit pun mengurangi minat penggemar untuk menonton.

Cerita dengan akhir yang sedih dalam sebuah anime justru dapat menambah ketertarikan penggemar untuk menonton karena penasaran akan seberapa sedih ending ceritanya.

Namun, anime sad ending tidak selamanya berisi kesedihan. Sering kali anime sedih juga diselingi dengan comedy sehingga mampu menimbulkan perasaan yang campur aduk.

Bagi kamu yang suka anime-anime dengan cerita menyedihkan, berikut telah disiapkan daftar rekomendasi anime sedih terbaik yang bisa bikin kamu nyesek sampai nangis.

Perlu diketahui, daftar rekomendasi anime sedih berikut hanya terdiri dari serial anime pilihan tanpa menyertakan anime movie sedih yang jumlahnya pun cukup banyak.

Daftar Rekomendasi Anime Sedih Terbaik

Clannad

Clannad
  • Tahun: Fall 2007
  • Studio: Kyoto Animation
  • Genre: Comedy, Drama, Romance, Slice of Life, Supernatural, School

Mengisahkan tentang Okazaki Tomoya, seorang siswa SMA yang sangat membenci kota tempat tinggalnya karena penuh dengan kenangan yang ingin dilupakannya.

Suatu hati, Okazaki bertemu dengan seorang gadis bernama Nagisa Furukawa, yang secara tiba-tiba mengatakan bahwa sangat menyukai kota tempat tinggalnya.

Namun, Nagisa tidak memiliki banyak teman di sekolah karena harus mengulang kelas selama setahun setelah jatuh sakit hingga sering tidak masuk sekolah.

Sejak saat itu, Okazaki dan Nagisa pun menjadi dekat dan sering menghabiskan waktu bersama untuk menemukan sesuatu yang menyenangkan dan membahagiakan.

Shigatsu wa Kimi no Uso

Shigatsu wa Kimi no Uso
  • Tahun: Fall 2014
  • Studio: A-1 Pictures
  • Genre: Drama, Romance, Music, School

Bercerita tentang Kousei Arima, seorang remaja SMP yang sudah bermain piano sejak kecil hingga menjadi juara termuda dalam sebuah kompetisi piano.

Namun, Arima berhenti dan tidak bisa lagi bermain piano setelah ibunya meninggal dunia sehingga dunia terlihat monokrom seperti tuts piano baginya.

Suatu hari, Arima bertemu dengan seorang pemain biola bernama Kaori Miyazono yang akan tampil untuk mengikuti kualifikasi sebuah kompetisi violin.

Arima perlahan mencoba untuk kembali bermain piano setelah bertemu dan menyaksikan penampilan Kaori karena hidupnya berubah menjadi lebih berwarna.

Mahou Shoujo Madoka★Magica

Mahou Shoujo Madoka★Magica
  • Tahun: Winter 2011
  • Studio: Shaft
  • Genre: Drama, Suspense, Psychological

Berawal saat seorang gadis biasa, Kaname Madoka, melihat seorang Puella Magi bernama Akemi Homura bertarung di dunia yang hancur berantakan dalam mimpinya.

Madoka juga bertemu dengan mahluk bernama Kuubey yang menjelaskan bahwa Madoka pasti bisa mengubah takdir apabila membuat kontrak untuk menjadi Puella Magi.

Ternyata Homura pindah ke sekolah tempat Madoka belajar untuk memberi peringatan kepada Madoka agar tidak menjadi Puella Magi jika merasa hidupnya berharga.

Namun, Madoka justru membuat kontrak dengan Kuubey untuk menjadi Puella Magi setelah Kyuubey mengatakan bahwa dirinya bisa mewujudkan satu keinginan apapun.


Ano Hi Mita Hana no Namae wo Bokutachi wa Mada Shiranai.

Ano Hi Mita Hana no Namae wo Bokutachi wa Mada Shiranai.
  • Tahun: Spring 2011
  • Studio: A-1 Pictures
  • Genre: Drama, Slice of Life, Supernatural

AnoHana mengisahkan tentang seorang remaja bernama Jinta Yadomi yang tiba-tiba didatangi oleh arwah teman masa kecilnya, Meiko Honma (Menma).

Jinta dan Menma sering bermain bersama dengan kelompok teman masa kecil mereka, tetapi kelompok mereka berpisah karena Menma meninggal dunia.

Menma ingin permohonannya yang terlupakan terkabulkan. Namun, permohonan Menma hanya akan terwujud apabila kelompok mereka berkumpul kembali.

Sayangnya Menma tidak terlihat oleh orang lain sehingga Jinta harus mengumpulkan kelompok teman masa kecilnya untuk memenuhi keinginan Menma.

Tokyo Magnitude 8.0

Tokyo Magnitude 8.0
  • Tahun: Summer 2009
  • Studio: Bones, Kinema Citrus
  • Genre: Drama

Cerita berpusat pada seorang siswi SMP bernama Mirai Onozawa yang membenci keluarga dan kotanya hingga berpikir akan lebih baik jika semuanya hancur.

Saat liburan musim panas, Mirai diminta oleh orang tuanya untuk menemani adiknya, Yuuki, mengunjungi pameran robot yang sedang berlangsung di Odaiba.

Namun, gempa berkekuatan 8.0 magnitudo tiba-tiba mengguncang wilayah Kanto hingga menyebabkan bangunan porak poranda dan jalur transportasi terputus.

Mirai dan Yuuki selamat, tetapi mereka masih harus melalui bahaya untuk mencari jalan pulang dengan bantuan dari seorang wanita bernama Mari Kusakabe.

Ansatsu Kyoushitsu

Ansatsu Kyoushitsu
  • Tahun: Winter 2015
  • Studio: Lerche
  • Genre: Action, Comedy, School, Shounen

Menceritakan tentang murid-murid kelas 3-E SMP Kunugigaoka, yang dianggap sebagai kelas buangan sehingga mendapat perlakuan yang kurang pantas.

Namun, kelas 3-E berubah menjadi "Kelas Pembunuh" karena mahluk yang telah menghancurkan sebagian bulan, Korosensei, menjadi wali kelas mereka.

Korosensei memaksa agar diperbolehkan mengajar di kelas 3-E dengan mengancam akan menghancurkan Bumi sehingga mereka diminta untuk membunuhnya.

Murid-murid kelas 3-E pun dilatih berbagai teknik membunuh. Namun, Korosense tidak mudah dibunuh karena bisa bergerak dengan kecepatan 20 Mach.


Angel Beats!

Angel Beats!
  • Tahun: Spring 2010
  • Studio: P.A. Works
  • Genre: Action, Comedy, Drama, Supernatural, School

Angel Beats! berawal saat seorang pelajar bernama Otonashi Yuzuru tiba-tiba terbangun di sebuah sekolah dengan keadaan hilang ingatan.

Yuzuru pun bertemu dengan seorang gadis bernama Yuri Nakamura (Yurippe) yang menjadi pemimpin sebuah pasukan untuk memerangi Malaikat.

Yurippe mengatakan kepada Yuzuru bahwa mereka berada di dunia setelah kematian, kemudian menawarkan untuk bergabung dengan pasukannya.

Yurippe juga menjelaskan bahwa Yuzuru harus bertarung melawan Malaikat bika tidak ingin keberadaannya ditiadakan dari dunia oleh Dewa.

Plastic Memories

Plastic Memories
  • Tahun: Spring 2015
  • Studio: Doga Kobo
  • Genre: Drama, Romance, Sci-Fi

Mengisahkan tentang Tsukasa Mizugaki, seorang pegawai baru di SAI Corporation, sebuah perusahaan yang telah menciptakan android dengan jiwa buatan disebut Giftia.

Giftia diciptakan sebagai partner untuk manusia. Namun, Giftia memiliki umur yang singkat hingga akan mengalami kerusakan ingatan dan kepribadian saat kadaluarsa.

Tsukasa bekerja di departemen Terminal Service yang bertugas untuk menjemput Giftia dari rumah pemiliknya sebelum melewati batas waktu supaya tidak hilang kendali.

Tsukasa juga mendapatkan partner Giftia bernama Isla karena Terminal Service selalu mengirimkan tim yang terdiri dari manusia dan Giftia dalam proses penjemputan.

Shuumatsu Nani Shitemasu ka? Isogashii Desu ka? Sukutte Moratte Ii Desu ka?

Shuumatsu Nani Shitemasu ka? Isogashii Desu ka? Sukutte Moratte Ii Desu ka?
  • Tahun: Spring 2017
  • Studio: Satelight, C2C
  • Genre: Drama, Fantasy, Romance, Sci-Fi

Cerita berpusat pada Willem Kmetsch, manusia terakhir yang masih hidup setelah ras manusia musnah karena berperang dengan monster disebut Beast.

Daratan tidak dapat dihuni setelah manusia mengalami kepunahan sehingga ras lain hidup dengan berlindung di pulau-pulau yang mengapung di langit.

Willem ditemukan telah membeku di dalam es selama ratusan tahun dengan kondisi masih hidup karena terkena kutukan ketika bertarung melawan Beast.

Suatu hari, Willem mendapatkan pekerjaan untuk menjaga gadis-gadis ras peri yang dianggap sebagai senjata hingga mereka harus mengorbankan nyawa.