Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar 9 Rekomendasi Film Anime Paling Sedih Dan Bikin Baper

Tidak hanya serial anime dengan banyak episode yang bisa bikin sedih, ternyata anime movie yang punya durasi singkat juga mampu membuat penonton menangis.

Setelah sebelumnya ada rekomendasi seri anime sedih, kini saatnya untuk memberikan daftar rekomendasi film anime paling sedih yang bisa mengundang tangis.

Bagi kamu yang suka menonton film anime dengan cerita sedih dan mengharukan, berikut rekomendasi anime movie paling sedih yang bikin nyesek sampai nangis.

Rekomendasi Anime Movie Paling Sedih Terbaik

Hotaru no Haka

Hotaru no Haka
  • Tahun: Spring 1988
  • Studio: Studio Ghibli
  • Genre: Genre, Historical

Bercerita mengenai seorang anak laki-laki bernama Seita dan adik perempuannya, Setsuko, yang kehilangan keluarga, tempat tinggal, dan masa depan karena perang.

Seita dan Setsuko menjadi yatim piatu dan tunawisma setelah kampung halaman mereka dibombardir oleh Amerika menjelang akhir Perang Dunia Kedua pada tahun 1945.

Namun, orang dewasa menjadi apatis di tengah penderitaan karena perang, sehingga Seita dan Setsuko terpaksa berjuang sendiri menghadapi kelaparan dan penyakit.


Kimi no Suizou wo Tabetai

Kimi no Suizou wo Tabetai
  • Tahun: Summer 2018
  • Studio: Studio VOLN
  • Genre: Drama, Romance, Slice of Life

Cerita berawal di bulan April ketika bunga sakura masih bermekaran, seorang kutu buku bernama Shiga Haruki menemukan sebuah buku catatan penyakit di rumah sakit.

Ternyata teman sekelas Haruki yang sangat ceria dan populer, Yamauchi Sakura, adalah pemilik buku catatan dengan sampul bertuliskan "Living with Dying" tersebut.

Sakura mengungkapkan pada Haruki bahwa dirinya mengidap penyakit pankreas dan hidupnya sudah tidak lama lagi sehingga memutuskan untuk menulisnya di buku harian.

Sakura juga meminta Haruki merahasiakan penyakitnya dari orang lain dan menemaninya untuk menghabiskan sisa-sisa hidupnya dengan menjalani kehidupan yang normal.

Sayonara no Asa ni Yakusoku no Hana wo Kazarou

Sayonara no Asa ni Yakusoku no Hana wo Kazarou
  • Tahun: Winter 2018
  • Studio: P.A. Works
  • Genre: Drama, Fantasy

Mengisahkan tentang bangsa Iorph yang hidup terpisah dengan manusia karena akan berhenti tumbuh pada usia muda dan dapat hidup selama ratusan tahun.

Suatu hari, bangsa Iorph diserang oleh tentara kerjaan Mazarte yang haus akan kekuasaan dan ingin mencari cara agar bisa hidup selama ratusan tahun.

Namun, seorang gadis bangsa Iorph yang selalu merasa kesepian, Maquia, berhasil kabur saat terjadi serangan, tetapi harus terpisah dengan bangsanya.

Maquia menemukan seorang bayi yang telah kehilangan orang tua di tengah hutan dalam pelarian, lalu memutuskan untuk merawatnya dan menamainya Ariel.


Hotarubi no Mori e

Hotarubi no Mori e
  • Tahun: Summer 2011
  • Studio: Brain's Base
  • Genre: Drama, Romance, Supernatural, Shoujo

Cerita bermula saat seorang gadis berusia 6 tahun, Takegawa Hotaru, pergi liburan musim panas ke rumah pamannya dan tersesat di Hutan Dewa Gunung, yang konon menjadi tempat tinggal para roh.

Setelah berkeliling mencari jalan pulang hingga tidak kuat berjalan dan mulai menangis karena ketakutan, Hotaru bertemu dengan seorang pemuda bertopeng bernama Gin yang muncul dari kejauhan.

Namun, Gin memberitahu Hotaru bahwa dirinya akan menghilang dan hidupnya berakhir apabila bersentuhan dengan manusia sebagai konsekuensi dari matra yang diberikan oleh Dewa Gunung kepadanya.

Setelah dibantu oleh Gin keluar dari hutan, Hotaru selalu datang ke rumah pamannya pada saat libur musim panas untuk menghabiskan waktu liburannya dengan bermain bersama Gin di tengah hutan.


Koe no Katachi

Koe no Katachi
  • Tahun: Summer 2016
  • Studio: Kyoto Animation
  • Genre: Drama, Romance, Shounen

Mengisahkan tentang seorang siswa sekolah dasar bernama Ishida Shouya yang sangat nakal dan sering membuat masalah di sekolah.

Suatu hari, Ishida dan teman-temannya menjahili seorang siswa tunarungu bernama Shouko Nishimiya yang baru pindah ke kelasnya.

Namun, Ishida justru disalahkan oleh teman-temannya atas semua yang terjadi setelah orang tua Nishimiya melaporkan ke sekolah.

Ishida pun dikucilkan oleh teman-teman kelasnya hingga di sekolah menengah, lalu berusaha untuk meminta maaf kepada Nishimiya.


Ookami Kodomo no Ame to Yuki

Ookami Kodomo no Ame to Yuki
  • Tahun: Summer 2012
  • Studio: Studio Chizu
  • Genre: Fantasy, Slice of Life, Childcare

Mengisahkan tentang seorang mahasiswi bernama Hana yang membiayai kuliah dengan beasiswa dan harus bekerja paruh waktu untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Suatu hari di musim panas, Hana bertemu dengan seorang laki-laki misterius yang mengikuti perkuliahan meskipun bukan mahasiswa dari universitas tempatnya belajar.

Ternyata laki-laki misterius tersebut adalah manusia serigala, tetapi Hana sudah jatuh cinta padanya dan memutuskan untuk tinggal bersama sebagai sebuah keluarga.

Hana dikarunia dua orang anak, yakni Ame dan Yuki, yang bisa berubah menjadi serigala. Namun, Hana harus melewati masa-masa sulit setelah laki-laki itu meninggal.

Hana berusaha untuk merawat kedua anaknya sendirian dan menjaga rahasia agar mereka tidak berubah menajadi serigala di depan orang lain dengan pindah ke pedesaan.


Kimi no Na wa.

Kimi no Na wa.
  • Tahun: Summer 2016
  • Studio: CoMix Wave Films
  • Genre: Drama, Supernatural, Romance

Menceritakan tentang dua remaja yang tinggal di tempat berbeda, yaitu Mitsuha Miyamizu, seorang gadis SMA yang tinggal di pedesaan, dan Taki Tachibana, seorang siswa SMA yang tinggal di Tokyo.

Mitsuha tinggal di desa bersama adik perempuan dan neneknya karena ayahnya sibuk bekerja, dan sudah bosan dengan kehidupan di desa sehingga ingin segera lulus sekolah agar bisa pergi ke Tokyo.

Taki menjalani kehidupan yang sibuk di kota Tokyo sebagai seorang pelajar sambil bekerja paruh waktu di sebuah restoran Italia dengan harapan dapat menggapai masa depan dalam bidang arsitekur.

Suatu hari, Taki dan Mitsuha bermimpi melakukan aktifitas dengan tubuh orang lain. Namun, mereka ternyata saling bertukar tubuh dan berusaha untuk menemukan jawaban atas fenomena yang terjadi.

Byousoku 5 Centimeter

Byousoku 5 Centimeter
  • Tahun: Winter 2007
  • Studio: CoMix Wave Films
  • Genre: Drama, Romance, Slice of Life

Menceritakan tentang Takaki Toono dan Akari Shinohara yang merupakan teman dekat di sekolah dasar, yang telah berjanji untuk melihat bunga sakura bersama-sama.

Namun, Akari harus pindah setelah lulus dari sekolah dasar karena ikut orang tuanya, sehingga Takaki dan Akari hanya bisa bertukar kabar dengan mengirim surat.

Takaki memutuskan untuk menemui Akari dengan menggunakan kereta sebelum pindah juga ke tempat yang lebih jauh sehingga Akari berjanji akan menunggu di stasiun.

Namun, perasaan gelisah menyerang Takaki di perjalanan karena kereta yang ditumpanginya sering mengalami keterlambatan dan terkena banyak masalah akibat salju.


Kono Sekai no Katasumi ni

Kono Sekai no Katasumi ni
  • Tahun: Fall 2016
  • Studio: MAPPA
  • Genre: Drama, Historical, Seinen

Mengisahkan tentang seorang gadis bernama Suzu Urano yang pindah ke kota Kure di Hiroshima pada 1944 setelah menikah dengan seorang pelaut muda bernama Shuusaku Houjou.

Suzu sangat diandalkan oleh keluarga suaminya untuk membantu mengerjakan tugas rumah tangga agar ibu mertuanya bisa beristirahat lebih lama karena mengalami sakit kaki.

Suzu pun harus menyiapkan makanan untuk keluarganya dengan kreatif setelah persediaan bahan makanan berkurang karena perang terus berlanjut dan serangan semakin gencar.

Pada tahun 1945, pengeboman yang dilakukan oleh Amerika sampai ke wilayah Kure sehingga kehidupan Suzu berubah. Namun, Suzu tetep berusaha untuk menjalani kehidupannya.