Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar 9 Rekomendasi Anime Tentang Mengasuh Anak Kecil Terbaik

Anime tidak hanya menyuguhkan aksi seru dan menegangkan, tetapi ada juga anime yang menghadirkan cerita santai dan menenangkan seperti anime CGDCT dan anime tentang mengasuh anak.

Anime tentang merawat anak biasanya ditujukan untuk orang dewasa dengan memberikan cerita potongan kehidupan yang santai dalam suasana damai meski terkadang memiliki sedikit aksi.

Selain itu, anime tentang mengasuh anak juga bisa memberi efek penyembuhan dan menenangkan pikiran karena dibarengi komedi dengan tingkah laku menggemaskan anak-anak yang dirawat.

Bagi kamu yang menyukai anak-anak, berikut telah disiapkan daftar rekomendasi anime tentang mengasuh anak terbaik, dengan berbagai latar belakang anak yang dirawat dan dibesarkan.

Rekomendasi Anime Tentang Mengasuh Anak

Spy x Family

Spy x Family
  • Tahun: Spring 2022
  • Studio: Wit Studio, CloverWorks
  • Genre: Action, Comedy, Childcare, Shounen

Bercerita mengenai seorang mata-mata terhebat di Westalis dengan code name Twilight, yang ahli menyamar dan sudah tidak memiliki hasrat untuk berkeluarga.

Namun, Twilight mendapat misi rahasia untuk memata-matai seorang politisi Ostania, Donovan Desmond, yang mengancam perdamaian antara Westalis dan Ostania.

Twilight diminta untuk menikah dan punya anak karena Desmond sangat jarang menampakkan diri di publik dan hanya muncul di acara tempat anaknya bersekolah.

Twilight menjalani kehidupan baru sebagai seorang psikolog bernama Loid Forger, dan mengadopsi seorang anak yatim piatu, Anya, yang ternyata adalah esper.

Kemudian, Loid menikahi seorang wanita pekerja kantoran bernama Yor Briar yang sebenarnya adalah seorang pembunuh bayaran dengan code name Thorn Princess.


Usagi Drop

Usagi Drop
  • Tahun: Summer 2011
  • Studio: Production I.G
  • Genre: Slice of Life, Iyashikei, Josei

Menceritakan tentang seorang pekerja kantoran berusia 30 tahun, Kawachi Daikichi, yang tinggal sendiri dan jarang pulang ke rumah keluarganya karena urusan pekerjaan.

Suatu hari, Daikichi pulang ke rumah keluarganya karena kakeknya meninggal, dan bertemu dengan seorang gadis bernama Kaga Rin yang diduga sebagai anak haram kakeknya.

Namun, tidak ada seorangpun dari keluarga Daikichi yang bersedia untuk merawat dan membesarkan Rin karena dianggap memalukan dan tidak diketahui orang tua kandungnya.

Daikichi memutuskan untuk mengasuh Rin dengan mengajaknya tinggal bersama karena merasa kasian setelah mengetahui bahwa keluarganya akan mengirim Rin ke panti asuhan.

Barakamon

Barakamon
  • Tahun: Summer 2014
  • Studio: Kinema Citrus
  • Genre: Slice of Life, Iyashikei

Mengisahkan tentang seorang pemuda berusia 27 tahun bernama Seishuu Handa, yang sangat berbakat dalam bidang kaligrafi Jepang.

Suatu hari, Handa memukul seorang direktur pameran seni karena tidak terima kaligrafinya dikritik sangat kaku dan membosankan.

Kemudian, Handa diminta pergi ke sebuah pulau terpencil oleh ayahnya, untuk menenangkan pikiran dan memperbaiki kaligrafi-nya.

Namun, Handa justru bertemu dengan seorang anak nakal bernama Naru Kotoishi yang selalu mengganggunya hingga tidak bisa fokus.


Hinamatsuri

Hinamatsuri
  • Tahun: Spring 2018
  • Studio: feel.
  • Genre: Comedy, Supernatural, Seinen

Cerita berawal ketika seorang petinggi Yakuza yang hobi mengoleksi guci, Yoshifumi Nitta, tertimpa sebuah bola misterius di apartemennya.

Nitta memutuskan untuk membukanya, dan seorang gadis dengan kekuatan super bernama Hina keluar dari dalam bola misterius yang menimpanya.

Hina memaksa Nitta untuk memberikan pakaian, makanan, dan tempat tinggal dengan mengancam akan menghancurkan semua koleksi guci miliknya.

Oleh sebab itu, Nitta tidak punya pilihan dan terpaksa merawat Hina seperti anak sendiri dengan mengajaknya tinggal bersama di apartemen.


Gakuen Babysitters

Gakuen Babysitters
  • Tahun: Winter 2018
  • Studio: Brain's Base
  • Genre: Comedy, Slice of Life, School, Shoujo

Bercerita mengenai seorang siswa SMA bernama Ryuuichi Kashima dan adiknya, Kotarou, yang kehilangan kedua orang tuanya karena kecelakaan pesawat.

Ryuuichi dan Kotarou diadopsi oleh kepala Akademi Morinomiya, Youko Morinomiya, yang juga kehilangan anak dan suaminya dalam kecelakaan pesawat.

Namun, Ryuuichi harus bekerja dengan menjadi baby sitter di tempat penitipan anak Akademi Morinomiya sebagai ganti atas kebutuhannya sehari-hari.

Ryuuichi menghabiskan waktunya untuk belajar sambil mengasuh Kotarou dan anak-anak guru di Akademi Morinomiya dengan membentuk Klub Baby Sitter.

Udon no Kuni no Kiniro Kemari

Udon no Kuni no Kiniro Kemari
  • Tahun: Fall 2016
  • Studio: LIDENFILMS
  • Genre: Fantasy, Slice of Life, Seinen

Mengisahkan tentang Souta Tawara, seorang putra pemilik restoran udon yang tidak ingin meneruskan restoran ayahnya dan memilih menjadi web designer di Tokyo.

Suatu hari, Souta bertemu dengan seorang anak yang tertidur di bekas restoran udon ayahnya saat kembali ke kampung halamannya di Kagawa untuk mengambil cuti.

Souta berniat membawa anak itu ke kantor polisi karena mengiranya tersesat. Namun, anak itu tiba-tiba berubah menjadi tanuki dengan telinga dan ekor berbulu.

Oleh karena itu, Souta memutuskan untuk mengasuh anak tersebut dengan melarangnya mengeluarkan telinga dan ekor di depan orang lain dan memberinya nama Poco.


Beelzebub

Beelzebub
  • Tahun: Winter 2011
  • Studio: Pierrot Plus
  • Genre: Action, Comedy, Supernatural, School, Shounen

Menceritakan tentang seorang siswa berandalan bernama Oga Tatsumi yang terkenal kejam, brutal, dan tidak peduli terhadap orang lain.

Suatu hari, Oga melihat seorang pria berbadan besar mengambang di sungai saat menghajar sekelompok siswa yang mencoba mengganggunya.

Oga mengangkat dan membelah tubuh pria itu, kemudian seorang bayi raja iblis, Kaiser de Emperana Beelzebub IV, muncul dari dalamnya.

Namun, Beelzebub sangat melekat kepada Oga sehingga Oga terpaksa membesarkan Beelzebub sampai siap untuk menghancurkan umat manusia.


Gugure! Kokkuri-san

Gugure! Kokkuri-san
  • Tahun: Fall 2014
  • Studio: TMS Entertainment
  • Genre: Comedy, Supernatural, Shounen

Kokkuri-san adalah sebuah permainan anak-anak pemanggil siluman rubah untuk menjawab pertanyaan dengan menggerakkan koin melalui sentuhan jari telunjuk pemain.

Namun, terdapat larangan dalam memainkan Kokkuri-san, yakni pemain tidak boleh memainkan Kokkuri-san sendirian karena Kokkuri-san akan datang untuk menghantui.

Suatu hari, seorang gadis kesepian yang menyebut dirinya boneka, Kohina Ichimatsu, bermain Kokkuri-san sendirian sehingga Kokkuri-san pun datang menghantuinya.

Namun, Kokkuri-san justru memutuskan untuk merawat Kohina setelah mengetahui bahwa Kohina tinggal sendirian di rumahnya dan hanya makan mie instan setiap hari.


Amaama to Inazuma

Amaama to Inazuma
  • Tahun: Summer 2016
  • Studio: TMS Entertainment
  • Genre: Comedy, Gourmet, Slice of Life, Childcare, Iyashikei, Seinen

Menceritakan tentang seorang guru bernama Kouhei Inuzuka yang harus mengasuh putrinya, Tsumugi Inuzuka, setelah istrinya meninggal dunia.

Kouhei juga harus mengerjakan pekerjaan rumah meski tidak pandai memasak, sehingga hanya bisa membelikan bento untuk Tsumugi setiap hari.

Suatu hari, Kouhei memutuskan untuk mengajak Tsumugi ke sebuah rumah makan setelah mengetahui bahwa Tsumugi ingin menyantap makanan enak.

Namun, putri pemilik rumah makan, Kotori Iida, meminta Kouhei untuk memasak dan makan bersama karena ibunya ternyata sedang pergi keluar.