Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Top 9 Rekomendasi Anime Historical Tentang Samurai Mirip Gintama

Tidak hanya anime Gintama yang merupakan anime comedy terbaik dan Samurai X atau Rurouni Kenshin, sebenarnya masih banyak anime historical tentang samurai yang menarik.

Sebagian besar anime yang mengangkat tema sejarah, baik tokoh maupun peristiwa, dengan cerita mengenai samurai punya karakter yang tampak berwibawa, bukan menggemaskan.

Selain itu, anime bertema sejarah tentang samurai juga pasti menghadirkan pertarungan seru dengan teknik bela diri menggunakan pedang katana yang terkadang cukup sadis.

Bagi kamu yang suka anime sejarah, khususnya tentang samurai dengan pertarungan menggunakan pedang, berikut daftar rekomendasi anime historical tentang samurai terbaik.

Daftar Rekomendasi Anime Historical Tentang Samurai

Samurai Champloo

Samurai Champloo
  • Tahun: Spring 2004
  • Studio: Manglobe
  • Genre: Action, Adventure, Comedy, Historical, Samurai

Menceritakan tentang 2 samurai, yakni Mugen dan Jin, yang dijatuhi hukuman mati karena terang-terangan menentang penguasa.

Namun, mereka berhasil melarikan diri dengan bantuan seorang gadis bernama Fuu saat menjalani eksekusi pemenggalan kepala.

Kemudian, Fuu meminta agar mereka berjanji untuk membantunya mencari "Samurai yang berbau bunga matahari" sebagai imbalan.

Oleh karena itu, mereka harus melakukan perjalanan bersama Fuu meski tidak memiliki petunjuk dan menjadi buronan penguasa.


Stranger: Mukou Hadan (Movie)

Stranger: Mukou Hadan
  • Tahun: Summer 2007
  • Studio: Bones
  • Genre: Action, Adventure, Historical, Samurai

Bercerita tentang seorang anak laki-laki bernama Kotarou dan anjingnya, Tobimaru, yang menjadi buronan sekelompok pembunuh yang dikirim oleh Dinasti Ming.

Suatu hari, Kotarou diselamatkan oleh seorang ronin tanpa nama "Nanashi" saat hampir tertangkap di sebuah kuil oleh orang-orang suruhan dari Dinasti Ming.

Namun, Tobimaru terkena racun sehingga Kotarou meminta Nanashi untuk mengantarnya ke tabib terdekat dengan menawarkan sebuah batu permata sebagai bayaran.

Oleh sebab itu, Nanashi memutuskan untuk menerima permintaan Kotarou dengan menemaninya ke tempat tujuan meskipun awalnya tidak ingin terlibat lebih jauh.


Dororo

Dororo
  • Tahun: Winter 2019
  • Studio: Tezuka Productions, MAPPA
  • Genre: Action, Adventure, Supernatural, Historical, Mythology, Samurai, Shounen

Menceritakan tentang seorang remaja bernama Hyakkimaru yang terlahir tanpa bagian tubuh karena ayahnya, Kagemitsu Daigo, membuat perjanjian dengan iblis.

Kagemitsu memberikan bagian tubuh Hyakkimaru kepada para iblis sebagai imbalan supaya menjadi penguasa yang tidak terkalahkan dan mendapatkan kemakmuran.

Namun, Hyakkimaru berhasil bertahan hidup berkat bantuan seorang dukun yang memberinya bagian tubuh buatan dengan senjata dan mengajarinya melawan iblis.

Suatu hari, Hyakkimaru bertemu dengan seorang gadis yatim piatu, Dororo, saat melakukan perjalanan untuk merebut kembali bagian tubuhnya dari para iblis.

Drifters

Drifters
  • Tahun: Fall 2016
  • Studio: Hoods Drifters Studio
  • Genre: Action, Adventure, Comedy, Fantasy, Adult Cast, Historical, Isekai, Samurai, Seinen

Cerita berawal ketika seorang samurai penggila perang dari Klan Shimazu, Toyohisa Shimazu, terluka parah dalam sebuah pertempuran di Sekigahara.

Namun, Toyohisa tiba-tiba berada di sebuah lorong yang penuh dengan pintu yang dijaga oleh seorang pria misterius saat mundur dari medan perang.

Toyohisa terseret ke dalam salah satu pintu, kemudian terlempar ke dunia lain sebagai "Drifters" dengan kondisi sekarat dan tidak sadarkan diri.

Toyohisa pun bertemu dengan tokoh sejarah terkenal dari negerinya yang menjadi Drifters lebih dulu, yakni Oda Nobunaga dan Nasu Suketaka Yoichi.

Ternyata, banyak tokoh terkenal dalam sejarah yang pindah ke dunia lain, tetapi sebagian menjadi "Ends" yang berusaha untuk memusnahkan manusia.


Saraiya Goyou

Saraiya Goyou
  • Tahun: Spring 2010
  • Studio: Manglobe
  • Genre: Drama, Adult Cast, Historical, Samurai, Seinen

Mengisahkan tentang seorang samurai bernama Akitsu Masanosuke yang menjadi ronin setelah dipecat oleh tuannya karena tidak dapat diandalkan.

Suatu hari, Akitsu mendapat pekerjaan setelah bertemu dengan seorang pria bernama Yaichi yang kebetulan sedang membutuhkan seorang pengawal.

Ternyata, Yaichi adalah anggota dari kelompok kriminal "Lima Daun" yang mencari uang dengan menculik anak orang kaya yang berperilaku buruk.

Kemudian, Aikitsu memutuskan untuk bergabung dengan Lima Daun setelah diundang oleh Yaichi dan mengetahui alasan mereka melakukan kejahatan.

Mugen no Juunin: Immortal

Mugen no Juunin: Immortal
  • Tahun: Fall 2019
  • Studio: LIDENFILMS
  • Genre: Action, Adventure, Drama, Supernatural, Historical, Martial Arts, Samurai, Seinen

Bercerita tentang seorang samurai abadi bernama Manji yang dikenal sebagai "Pembunuh Seratus Orang" karena membunuh seratus orang tak bersalah.

Suatu hari, Manji bertemu dengan seorang gadis bernama Rin Asano yang kehilangan orang tuanya setelah diserang oleh sekelompok pendekar pedang.

Oleh karena itu, Rin meminta bantuan Manji untuk membalas dendam dengan memusnahkan kelompok pendekar pedang yang telah membantai orang tuanya.

Lalu, Rin menunjukkan tekadnya dengan menjual tubuhnya sehingga Manji memutuskan untuk menerima permintaannya sebagai penebusan dosa masa lalu.


Basilisk: Kouga Ninpou Chou

Basilisk: Kouga Ninpou Chou
  • Tahun: Spring 2005
  • Studio: Gonzo
  • Genre: Action, Adventure, Fantasy, Romance, Supernatural, Historical, Samurai, Seinen

Cerita berawal ketika mantan shogun, Tokugawa Ieyasu, memutuskan untuk menggunakan ninja dalam menentukan penerus kekuasaan Keshogunan Tokugawa.

Kemudian, klan ninja yang sudah lama bermusuhan, yakni Kouga dan Iga, terpilih untuk mewakili dua pewaris Tokugawa yang memperebutkan kekuasaan.

Selain itu, klan Kouga dan klan Iga juga diminta untuk bertarung dalam pertempuran dengan mengirimkan 10 prajurit terbaik di klan masing-masing.

Oleh karena itu, dua ninja yang saling mencintai, Gennosuke Kouga dari Klan Kouga dan Oboro Iga dari Klan Iga, harus terlibat dalam pertempuran.


Sengoku Basara

Sengoku Basara
  • Tahun: Spring 2009
  • Studio: Production I.G
  • Genre: Action, Historical, Martial Arts, Samurai, Super Power

Berlatar pada Periode Sengoku ketika Jepang terbagi menjadi provinsi semi-independen dengan penguasa wilayah "Daimyo" saling berperang untuk memperebutkan kekuasaan.

Maka dari itu, seorang daimyo bernama Oda Nobunaga berambisi untuk menegaskan diri sebagai penguasa terkuat dengan menaklukkan dan menyatukan seluruh wilayah Jepang.

Suatu hari, seorang samurai yang melayani Takeda Shingen, Sanada Yukimura, mendapat perintah untuk menyerang dari belakang pasukan yang dipimpin oleh Uesugi Kenshin.

Namun, Yukimura justru bertemu dengan seorang samurai bernama Date Masamune sehingga tidak dapat menyelesaikan tugasnya setelah pertarungan mereka berakhir seimbang.

Kemudian, Yukimura dan Masamune sering berhadapan dalam pertempuran memperebutkan wilayah kekuasaan meski mereka saling mengagumi kehebatan bertarung satu sama lain.


Angolmois: Genkou Kassenki

Angolmois: Genkou Kassenki
  • Tahun: Summer 2018
  • Studio: NAZ
  • Genre: Action, Drama, Historical, Military, Samurai

Cerita berlatar pada 1274 ketika penduduk Pulau Tsushima harus berjuang sekuat tenaga untuk menghadapi invasi tentara Mongol ke Jepang.

Suatu hari, seorang mantan pengikut Keshogunan Kamakura bernama Kuchii Jinzaburou diasingkan ke Pulau Tsushima bersama tahanan lainnya.

Kemudian, Kuchii bertemu dengan seorang bajak laut bernama Onitakemaru dan anak perempuan penguasa Pulau Tsushima bernama Putri Teruhi.

Namun, Kuchii dan tahanan lainnya diminta untuk mempertahankan Pulau Tsushima hingga bala bantuan tiba ketika tentara Mongol menyerang.