Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jangan Lewatkan, Anime Romansa Paling Indah Karya Makoto Shinkai

Jika membahas tentang anime, terutama film anime romantis, pasti akan langsung teringat dengan anime movie yang dibuat oleh Makoto Shinkai.

Makoto Shinkai adalah penulis naskah, sutradara, produser, dan animator, yang terkenal dengan anime karyanya yang banyak meraih kesuksesan.

Makoto Shinkai sering menggarap anime movie yang memiliki jalan cerita romantis dengan animasi yang indah dan musik yang sangat memanjakan.

Bagi yang penasaran ingin menonton film anime yang dibuat oleh Makoto Shinkai, berikut ini daftar anime movie terbaik karya Makoto Shinkai.

Anime Romansa Terindah Dari Makoto Shinkai

Kimi no Na wa.

Kimi no Na wa.
  • Tahun: Summer 2016
  • Studio: CoMix Wave Films
  • Genre: Romance, Supernatural, School, Drama

Bercerita tentang 2 siswa SMA yang tidak saling mengenal, yakni Mitsuha Miyamizu yang hidup di daerah pedesaan di pegunungan dan Taki Tachibana yang tinggal di kota Tokyo.

Mitsuha tinggal dengan adik perempuan dan neneknya. Mitsuha juga ingin segera lulus dari sekolah supaya bisa pergi ke Tokyo karena sudah bosan dengan kehidupannya di desa.

Taki menjalani kehidupan yang sibuk di kota Tokyo dengan belajar sambil bekerja paruh waktu di sebuah restoran Italia untuk menggapai mimpi dalam bidang bidang arsitektur.

Suatu hari, Mitsuha dan Taki saling bertukar tubuh sehingga mereka berusaha untuk mencari keberadaan satu sama lain agar bisa menemukan jawaban atas fenomena yang terjadi.


Tenki no Ko

Tenki no Ko
  • Tahun: Summer 2019
  • Studio: CoMix Wave Films
  • Genre: Drama, Fantasy, Romance, Slice of Life

Cerita berawal ketika seorang siswa SMA bernama Hodaka Morishima memutuskan untuk meninggalkan rumahnya di sebuah pulau terpencil dengan pergi ke Tokyo.

Kemudian, Hodaka mendapat pekerjaan sebagai penulis untuk sebuah majalah misteri setelah menjalani hari-harinya dalam kesendirian karena kehabisan uang.

Suatu hari, Hodaka bertemu dengan seorang gadis bernama Hina Amano yang ternyata memiliki kekuatan untuk menghentikan hujan dan menciptakan cuaca cerah.


Kotonoha no Niwa

Kotonoha no Niwa
  • Tahun: Spring 2013
  • Studio: CoMix Wave Films
  • Genre: Slice of Life, Psychological, Drama, Romance

Mengisahkan tentang seorang siswa SMA bernama Takao Akizuki yang bercita-cita menjadi pengrajin sepatu dan sering bolos sekolah jika turun hujan di pagi hari.

Takao membolos sekolah saat turun hujan di pagi hari dengan pergi ke gazebo di sebuah taman untuk menggambar sketsa desain sepatu sembari menunggu hujan reda.

Takao juga bertemu dengan seorang wanita bernama Yukari Yukino yang sering tidak masuk bekerja untuk menikmati bir dan coklat ketika turun hujan di pagi hari.

Oleh sebab itu, Takao dan Yukari kerap menghabiskan waktu bersama di taman selama musim hujan, tetapi hubungan mereka akan diuji setelah musim hujan berakhir.


Byousoku 5 Centimeter

Byousoku 5 Centimeter
  • Tahun: Winter 2007
  • Studio: CoMix Wave Films
  • Genre: Slice of Life, Drama, Romance

Cerita bermula ketika seorang siswa bernama Takaki Toono berjanji dengan sahabatnya, Akari Shinohara, untuk pergi melihat bunga sakura bersama.

Akan tetapi, Akari terpaksa pindah bersama orang tuanya setelah lulus sekolah sehingga Takaki hanya bisa berkomunikasi dengannya melalui surat.

Suatu hari, Takaki memutuskan untuk menemui Akari sebelum pindah ke tempat yang lebih jauh sehingga Akari berjanji akan menunggunya di stasiun.

Namun, Takaki diserang perasaan gelisah selama di perjalanan karena keretanya kerap mengalami keterlambatan setelah terjebak dalam badai salju.


Suzume no Tojimari

Suzume no Tojimari
  • Tahun: Fall 2022
  • Studio: CoMix Wave Films
  • Genre: Fantasy

Mengisahkan tentang seorang gadis 17 tahun bernama Suzume Iwato yang tinggal di sebuah kota di daerah Kyushu.

Suatu hari, Suzume bertemu dengan seorang pemuda, Suota Munakata, yang berusaha untuk mencari sebuah "pintu".

Suzume dan Souta melakukan perjalanan bersama hingga menemukan pintu di sebuah gedung terbengkalai di gunung.

Akan tetapi, Suzume tiba-tiba terseret ke dalam pintu sehingga pintu lainnya mulai terbuka di penjuru Jepang.

Kemudian, Suzume harus menutup pintu yang terbuka karena bisa mendatangkan bencana dari sisi pintu yang lain.