Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Rekomendasi Anime Tentang Makanan Dan Memasak Yang Bikin Lapar

Menyaksikan gourmet atau seorang penikmat makanan yang mencicipi dan menjelaskan cita rasa suatu hidangan, yang disajikan dengan teknik tertentu, mampu menambah nafsu makan.

Begitu pun dalam menonton anime. Tidak jarang perut akan terasa lapar, sehingga nafsu makan meningkat ketika menonton anime-anime dengan cerita mengenai makanan dan memasak.

Tidak hanya menjelaskan rasa setiap bahan dan proses pembuatan suatu hidangan, anime tentang memasak dan makanan juga menghadirkan visualisasi makanan yang menggugah selera.

Jika tertarik untuk menonton anime dengan berbagai kuliner agar nafsu makan bertambah, berikut daftar rekomendasi anime tentang makanan dan memasak terbaik yang bikin lapar.

Rekomendasi Anime Tentang Makanan Dan Memasak

Shokugeki no Souma

Shokugeki no Souma
  • Tahun: Spring 2015 
  • Studio: J.C.Staff
  • Genre: Gourmet, Ecchi, School, Shounen

Menceritakan tentang seorang pelajar bernama Yukihira Souma yang sudah memasak sejak masih kecil di Restoran Yukihira, yang dikelola oleh ayahnya.

Souma berambisi untuk menjadi chef dengan melampaui kemampuan memasak ayahnya. Namun, Souma tiba-tiba ditinggal pergi oleh ayahnya ke luar negeri.

Setelah lulus SMP, Souma dikirim untuk masuk ke Akademi Totsuki, sebuah sekolah kuliner elit dengan tingkat kelulusan siswa kurang dari 10 persen.

Souma juga ditantang oleh ayahnya untuk bertahan di Totsuki sampai lulus. Namun, Souma diremehkan oleh siswa lain karena berasal dari kedai kecil.


Emiya-san Chi no Kyou no Gohan

Emiya-san Chi no Kyou no Gohan
  • Tahun: Winter 2018
  • Studio: ufotable
  • Genre: Comedy, Gourmet, Slice of Life, Iyashikei

Cerita berlatar setelah Holy Grail War di kota Fuyuki berakhir, sehingga Master dan Servant bisa menjalani kehidupan yang damai.

Seorang master bernama Emiya Shirou menjalani kesehariannya dengan berbelanja dan memasak untuk menyiapkan hidangan di rumahnya.

Shirou sering mengajak Servant-nya, Saber, untuk berbelanja bahan makanan, lalu makan bersama dengan Master dan Servant lainnya.


Isekai Shokudou

Isekai Shokudou
  • Tahun: Summer 2017
  • Studio: SILVER LINK.
  • Genre: Fantasy, Gourmet, Slice of Life, Iyashikei, Workplace

Berlatar di Western Restaurant Nekoya yang berlokasi di lantai paling bawah sebuah gedung di sudut pusat perbelanjaan dekat area perkantoran.

Nekoya sudah sejak lama menghidangkan makanan bagi pegawai kantor dan pengunjung yang datang ke restoran. Namun, Nekoya punya sebuah rahasia.

Setiap 7 hari sekali di hari sabtu, mulai dari matahari terbenam hingga tengah malam, pintu Nekoya akan muncul di suatu tempat di dunia lain.

Oleh karena itu, Nekoya juga melayani pelanggan dengan berbagai ras yang selalu datang dari dunia lain ketika restoran tutup pada hari sabtu.


Amaama to Inazuma

Amaama to Inazuma
  • Tahun: Summer 2016
  • Studio: TMS Entertainment
  • Genre: Comedy, Gourmet, Slice of Life, Childcare, Iyashikei, Seinen

Menceritakan tentang seorang guru bernama Kohei Inuzuka yang harus mengurus pekerjaan rumah tangga sendirian setelah istrinya meninggal dunia.

Inuzuka juga harus mengasuh putrinya, Tsumugi, tetapi Inuzuka hanya bisa memberikan makanan siap saji setiap hari karena tidak pandai memasak.

Suatu hari, Tsumugi bosan dengan makanan siap saji dan ingin makan makanan enak, sehingga Inuzuka membawa Tsumugi ke sebuah restoran keluarga.

Namun, pemilik restoran ternyata sedang keluar sehingga putrinya, Kotori Iida, mengajak Inuzuka dan Tsumugi untuk memasak, lalu makan bersama.


Isekai Izakaya: Koto Aitheria no Izakaya

Isekai Izakaya: Koto Aitheria no Izakaya
  • Tahun: Spring 2018
  • Studio: Sunrise
  • Genre: Fantasy, Gourmet, Adult Cast, Iyashikei, Workplace

Bercerita tentang sebuah bar khas Jepang, Izakaya Nobu, yang pintu depannya terhubung dengan dunia lain bernama Aitheria.

Pemilik Izakaya Nobu, Nobuyuki Yazawa, menjalankan bisnisnya dengan dibantu oleh seorang pramusaji bernama Shinobu Senke.

Setiap hari, Izakaya Nobu menghidangkan berbagai minuman beralkohol dan makanan bagi pelanggan yang datang dari Aitheria.


Rokuhoudou Yotsuiro Biyori

Rokuhoudou Yotsuiro Biyori
  • Tahun: Spring 2018
  • Studio: Zexcs
  • Genre: Gourmet, Slice of Life, Iyashikei, Workplace, Seinen

Menceritakan tentang seorang pria, Kyousui "Sui" Tougoku, yang mewarisi kafe bergaya Jepang bernama Rokuhoudou dari kakeknya.

Kemudian, Sui mengelola Rokuhoudou bersama tiga rekannya, yaitu Gregorio "Gure" Valentino, Tokitaka Nagae, dan Tsubaki Nakao.

Mereka melayani setiap pengunjung Rokuhoudou dengan ramah, sehingga tanpa disadari mulai banyak yang menjadi pelanggan tetap.


Kakuriyo no Yadomeshi

Kakuriyo no Yadomeshi
  • Tahun: Spring 2018
  • Studio: Gonzo
  • Genre: Drama, Gourmet, Romance, Supernatural

Mengisahkan tentang seorang gadis bernama Aoi Tsubaki yang mendapatkan kemampuan untuk melihat makhluk halus setelah nyawanya diselamatkan oleh Ayakashi saat masih kecil.

Suatu hari, Aoi dibawa ke penginapan alam gaib bernama Tenjin-ya untuk dijadikan pengantin Dewa Iblis, sebab kakek Aoi pernah membuat sebuah perjanjian sebelum meninggal.

Kakek Aoi pernah mengadakan sebuah pesta mewah di Tenjin-ya dengan berjanji akan memberikan Aoi untuk menjadi istri pemilik penginapan jika tidak mampu membayar utangnya.

Namun, Aoi tidak mau menikah dan menjadi istri Dewa Iblis pemilik penginapan, sehingga berupaya untuk melunasi utang kakeknya dengan membuka sebuah restoran di Tenjin-ya.

Ben-To

Ben-To
  • Tahun: Fall 2011
  • Studio: David Production
  • Genre: Action, Comedy, Gourmet, Martial Arts

Cerita berawal ketika seorang siswa bernama Yoh Satou tersadar di sebuah supermarket dengan kondisi babak belur, tanpa mengingat kejadian yang menimpanya.

Pada hari berikutnya, Satou kembali ke supermarket untuk membeli bento yang dijual setengah harga, tetapi mengalami kejadian yang sama seperti sebelumnya.

Ternyata, Satou babak belur karena terjebak di tengah sekelompok orang yang bertarung untuk memperebutkan bento yang dijual setengah harga di supermarket.

Satou menyadari bahwa dirinya harus bertarung untuk mendapat bento setengah harga, lalu bergabung dengan seniornya yang dijuluki "Ice Witch", Yaruzui Sen.


Ristorante Paradiso

Ristorante Paradiso
  • Tahun: Spring 2009
  • Studio: David Production
  • Genre: Drama, Gourmet, Romance, Slice of Life, Workplace, Josei

Mengisahkan tentang restoran misterius bernama Ristorante Casetta dell'Orso yang terletak di jalan dekat pusat kota Roma.

Ristorante Casetta dell'Orso sangat terkenal, sehingga pelanggan harus memesan tempat terlebih dahulu sebelum berkunjung.

Ristorante Casetta dell'Orso menjadi ramai dikunjungi setelah semua pelayan menggunakan kacamata saat melayani pelanggan.

Suatu hari, seorang gadis bernama Niccoleta berkunjung ke Ristorante Casetta dell'Orso untuk bertemu dengan ibunya, Olga.

Olga pergi meninggalkan Niccoleta karena menikah dengan pemilik Ristorante Casetta dell'Orso setelah diceraikan suaminya.