Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Rekomendasi Anime Mecha Terbaik Bagi Para Penggemar Robot

Mecha berasal kata dari mechanical. Anime mecha adalah anime fiksi ilmiah dengan senjata mekanis, yang biasanya berupa robot humanoid raksasa yang dikendalikan oleh manusia.

Anime mecha sering kali menghadirkan pertempuran robot raksasa disertai peralatan militer. Selain itu, anime genre mecha juga sering dihiasi dengan drama dan intrik politik.

Jika kamu tertarik dengan robot, sebaiknya jangan lewatkan anime dalam daftar rekomendasi anime mecha terbaik yang sudah dipilihkan khusus bagi penggemar robot di bawah ini.

Daftar Rekomendasi Anime Mecha Terbaik

Mobile Suit Gundam: The Origin - Advent of the Red Comet

Mobile Suit Gundam: The Origin - Advent of the Red Comet
  • Tahun: Spring 2019
  • Studio: Sunrise
  • Genre: Action, Sci-Fi, Mecha, Military, Space, Shounen

Cerita berawal pada 0068 Universal Century, seorang pemimpin yang menyerukan kemerdekaan koloni manusia di luar angkasa, Zeon Zum Deikun, dibunuh ketika berpidato di depan pengikutnya.

Istri Zeon, Astraia Tor Deikun, dikurung di sebuah menara, dan kedua anaknya, Casval Rem Deikun dan Artesia Som Deikun, mendapat bantuan dari seorang tentara untuk menyelundup ke Bumi.

Casval dan Artesia harus menghadapi takdir yang sulit. Artesia melanjutkan hidup dengan nama Sayla Mass, sementara Casval mencuri identitas Char Aznable untuk bergabung dengan militer.

Casval berjuang untuk menjadi pilot mobile suit dengan identitas Char Aznable hingga mendapatkan julukan sebagai "Red Comet" agar bisa membalas dendam dan menghancurkan semua musuhnya.


Code Geass: Hangyaku no Lelouch

Code Geass: Hangyaku no Lelouch
  • Tahun: Fall 2006
  • Studio: Sunrise
  • Genre: Action, Drama, Sci-Fi, Mecha, Military, School, Super Power

Cerita berlatar di Area 11, sebuah wilayah yang awalnya adalah Jepang, tetapi berubah nama setelah ditaklukkan oleh Holy Britannian Empire dalam perang.

Lelouch Lamperouge alias Lelouch vi Britannia adalah seorang pangeran yang dibuang ke Area 11 setelah ibunya tewas, dan membenci Holy Britannian Empire.

Suatu hari, Lelouch terjebak di tengah pertempuran antara pasukan Holy Britannian Empire dan pemberontak setelah bermain catur dengan seorang bangsawan.

Namun, Lelouch diselamatkan oleh seorang penyihir bernama C.C. yang memberinya Geass, sebuah kekuatan untuk memerintah semua orang dengan bertatap mata.

Kemudian, Lelouch membantu pemberontak untuk mengalahkan Holy Britannian Empire dengan Geass dan nama samaran "Zero" agar bisa membalas kematian ibunya.


86

86
  • Tahun: Spring 2021
  • Studio: A-1 Pictures
  • Genre: Action, Drama, Sci-Fi, Mecha, Military

Berlatar di Republik San Magnolia yang terbagi menjadi 85 distrik mengklaim tidak memiliki korban jiwa dalam berperang melawan Kekaisaran Giadian karena telah menciptakan drone tanpa awak.

Namun, drone milik Republik San Magnolia sebenarnya dikendalikan oleh orang-orang dari Sektor ke-86 atau dikenal sebagai "Eighty-Six", yang dianggap tidak ada dan diperlakukan tidak manusiawi.

Suatu hari, seorang perwira wanita yang ingin menghapus diskriminasi terhadap Eighty-Six, Vladilena Milizé, mendapat tugas sebagai "Handler" untuk memberikan komando kepada Skuadron Spearhead.

Namun, Skuadron Spearhead dipimpin oleh seorang pemuda bernama Shinei Nouzen dengan Personal Name "Undertaker" yang punya reputasi buruk di kalangan Handler dan dijuluki sebagai Dewa Kematian.


Tengen Toppa Gurren Lagann

Tengen Toppa Gurren Lagann
  • Tahun: Spring 2007
  • Studio: Gainax
  • Genre: Action, Adventure, Comedy, Sci-Fi, Mecha

Cerita berlatar saat manusia harus hidup di bawah tanah dengan terus menggali terowongan untuk bersembunyi dari serangan monster disebut Beastmen.

Suatu hari, seorang anak laki-laki bernama Simon menemukan Core Drill yang menjadi kunci untuk menghidupkan robot wajah "Gunmen" dalam penggalian.

Simon tergabung ke dalam Team Gurren yang didirikan oleh temannya, Kamina, yang bosan hidup di bawah tanah dan berambisi untuk pergi ke permukaan.

Namun, Beastmen tiba-tiba menyerang desa, dan seorang gadis bernama Yoko Littner muncul dari permukaan untuk melawan Beastmen yang menyerang desa.

Simon, Kamina dan Yoko pun berkerja sama untuk mengalahkan Beastmen dengan Gunmen yang dikendalikan Simon, lalu berpetualang bersama di permukaan.

Macross F

Macross F
  • Tahun: Spring 2008
  • Studio: Satelight
  • Genre: Action, Romance, Sci-Fi, Mecha, Military, Music, Space

Berlatar ketika manusia hidup dengan dengan membentuk koloni untuk menjelajahi ruang angkasa karena hampir punah setelah bertempur dengan bangsa alien raksasa, Zentradi.

Suatu hari, seorang penyanyi terkenal yang dijuluki sebagai "Peri Galaksi", Sheryl Nome, mengadakan konser di sebuah armada koloni luar angkasa bernama Macross Frontier.

Namun, ras alien Vajra tiba-tiba menyerang ketika konser berlangsung sehingga seorang siswa pelatihan pilot, Alto Saotome, mengambil inisiatif untuk melindungi penduduk.

Alto melawan Vajra dengan peralatan tempur militer model baru yang pilotnya gugur dalam pertempuran dan diundang untuk bergabung dengan sebuah perusahaan militer swasta.

Break Blade

Break Blade
  • Tahun: Spring 2014
  • Studio: Production I.G, Xebec
  • Genre: Action, Fantasy, Mecha, Military, Shounen

Cerita berlatar di benua Cruzon, sebuah wilayah yang tidak memiliki minyak bumi, tetapi semua orang terlahir dengan kekuatan sihir untuk menggunakan batu kuarsa.

Namun, seorang pemuda bernama Rygart Arrow menjadi satu-satunya yang terlahir sebagai "Unsorcerer" yang tidak punya kekuatan sihir untuk menggunakan batu kuarsa.

Suatu hari, Rygart diundang ke istana oleh temannya semasa di sekolah militer dan Raja Kerajaan Krisna, Hodr, untuk melihat Golem kuno yang ditemukan di tambang.

Hodr menjelaskan bahwa Kerajaan Krisna sedang berperang melawan Federasi Athena, lalu meminta Rygart untuk membantu dengan Golem yang bergerak tanpa batu kuarsa.


Aldnoah.Zero

Aldnoah.Zero
  • Tahun: Summer 2014
  • Studio: A-1 Pictures, TROYCA
  • Genre: Action, Sci-Fi, Mecha, Military

Cerita berawal ketika Putri Kekaisaran Vers, Asseylum Vers Allusia, melakukan kunjungan perdamaian ke Bumi setelah 15 tahun sejak tragedi "Langit Runtuh".

Namun, Asseylum diserang ketika melaksanakan misi perdamaian di Bumi oleh penghasut perang yang tidak menginginkan perdamaian antara Bumi dan Planet Mars.

Asseylum selamat, tetapi ketegangan antara Bumi dan Mars meningkat karena Kekaisaran Vers mendeklarasikan perang dan kembali melancarkan serangan ke Bumi.

Asseylum bertemu dengan seorang siswa cerdas yang bertarung untuk melindungi teman-temannya, Inaho Kaizuka, lalu mencoba menghentikan perang yang terjadi.


Darling in the FranXX

Darling in the FranXX
  • Tahun: Winter 2018
  • Studio: A-1 Pictures, Trigger, CloverWorks
  • Genre: Action, Drama, Romance, Sci-Fi, Mecha

Cerita berlatar ketika manusia hampir punah dan terpaksa hidup dengan berlindung di kota benteng, Plantation, karena serangan makhluk disebut Klaxosaur.

Anak-anak menjalani hidup bagai burung dalam sangkar tanpa mengetahui dunia luar, dan berlatih untuk membuktikan keberadaan dengan menjadi pilot FRANXX.

FRANXX adalah senjata humanoid yang efektif untuk melawan Klaxosaur, yang dikendalikan berpasangan oleh laki-laki dan perempuan yang punya koneksi kuat.

Suatu hari, seorang anak laki-laki bernama Hiro hampir kehilangan harapan untuk menjadi seorang pilot FRANXX karena tidak menemukan partner yang sesuai.

Namun, Hiro bertemu dengan Zero Two, seorang gadis bertaring dan bertanduk yang dijuluki "Partner Killer" karena partnernya akan mati setelah bertandem.


Knight's & Magic

Knight's & Magic
  • Tahun: Summer 2017
  • Studio: 8bit
  • Genre: Action, Fantasy, Isekai, Mecha, School

Bercerita mengenai seorang programmer dan otaku mecha bernama Tsubasa Kurata yang meninggal dalam perjalanan pulang dari membeli model kit terbaru.

Namun, Kurata terlahir kembali sebagai seorang anak laki-laki bernama Ernesti "Eru" Echevarria, tanpa kehilangan pengetahuan dari dunia sebelumnya.

Eru hidup di sebuah dunia dengan sihir dan robot bertenaga sihir disebut Silhouette Knights, yang dikendalikan oleh tentara disebut Knight Runners.

Eru berniat untuk menjadi Knight Runners dan mewujudkan Silhouette Knights impiannya dengan kemampuan pemrograman dan pengetahuannya tentang mecha.