Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar 9 Anime Terbaik Tahun 2018, Penuh Canda Tawa!

Terdapat banyak anime slice of life yang menenangkan dan anime comedy yang menyegarkan diluncurkan sepanjang tahun 2018.

Meski begitu, daftar anime terbaik tahun 2018 masih menghadirkan anime genre lain, seperti fantasy, romance, dan sports.

Maka dari itu, anime tahun 2018 memberikan banyak pilihan bagi yang ingin menonton anime yang sudah selesai ditayangkan.

Bagi kamu yang tertarik untuk menonton anime tahun 2018, berikut rekomendasi anime terbaik yang dirilis pada tahun 2018.

Rekomendasi Anime Terbaik Tahun 2018

Tensei shitara Slime Datta Ken

Tensei shitara Slime Datta Ken
  • Tahun: Fall 2018
  • Studio: 8bit
  • Genre: Action, Adventure, Comedy, Fantasy, Isekai

Menceritakan tentang seorang karyawan berusia 37 tahun bernama Mikami Satoru yang tewas setelah berusaha untuk menyelamatkan juniornya.

Namun, Satoru terlahir kembali sebagai slime di dunia lain dengan memperoleh berbagai skill unik seperti skill Predator dan Great Sage.

Satoru mampu melahap sesuatu untuk disimpan dalam perut dengan skill Predator, kemudian mengambil skill dan wujudnya setelah dianalisa.

Selain itu, Satoru juga bertemu dengan Naga Badai bernama Veldora Tempest yang memberinya nama Rimuru Tempest sebagai tanda pertemanan.


Seishun Buta Yarou wa Bunny Girl Senpai no Yume wo Minai

Seishun Buta Yarou wa Bunny Girl Senpai no Yume wo Minai
  • Tahun: Fall 2018
  • Studio: CloverWorks
  • Genre: School, Comedy, Drama, Romance, Supernatural

Mengisahkan tentang seorang siswa bernama Sakuta Azusagawa yang dikucilkan oleh siswa lain karena rumor tentang dirinya menyebar di sekolah.

Suatu hari, Sakuta bertemu dengan seniornya di sekolah, Mai Sakurajima, yang merupakan seorang aktris yang sedang hiatus dari dunia hiburan.

Akan tetapi, Mai tidak terlihat oleh orang lain meskipun Sakuta dapat dengan jelas melihatnya menggenakan kostum bunny girl di perpustakaan.

Ternyata, Mai mengidap sebuah sindrom misterius disebut Sindrom Pubertas yang akan menyebabkan penderitanya mengalami fenomena supernatural.

Kaze ga Tsuyoku Fuiteiru

Kaze ga Tsuyoku Fuiteiru
  • Tahun: Fall 2018
  • Studio: Production I.G
  • Genre: Drama, Sports

Cerita berawal ketika seorang mantan pelari yang belajar di Jurusan Sosiologi Universitas Kansei, Kakeru Kurahara, melarikan diri setelah mencuri makanan.

Kemudian, Kakeru bertemu dengan seorang atlet lari dari Fakultas Sastra, Haiji Kiyose, yang mengajaknya untuk datang ke sebuah asrama bernama Chikusei-so.

Ternyata, Haiji mengajak Kakeru untuk menjadi penghuni ke-10 Chikusei-so, yang sebenarnya adalah kamp pelatihan bagi anggota Klub Lari Universitas Kansei.

Haiji berniat untuk mengikuti lomba lari estafet maraton Hakone Ekiden dengan membuat tim bersama semua penghuni Chikusei-so yang kebanyakan masih pemula.


Asobi Asobase

Asobi Asobase
  • Tahun: Summer 2018
  • Studio: Lerche
  • Genre: Comedy, School, Seinen

Menceritakan tentang seorang siswi SMA bernama Kasumi Nomura yang tidak suka bermain permainan Jepang karena sering kalah dan dihukum untuk melakukan sesuatu oleh kakaknya semasa kecil.

Suatu hari, Kasumi terganggu oleh suara teman sekelasnya yang ingin populer, Hanako Honda, dan murid pindahan yang mengaku dari Amerika, Olivia, karena bermain permainan di dalam kelas.

Kemudian, Kasumi memperingatkan mereka agar tidak berisik, tetapi Olivia justru menantang Kasumi untuk bertanding karena ingin menjahilinya dengan berpura-pura tidak bisa bahasa Jepang.

Kasumi juga memaksa Olivia untuk mengajarinya bahasa Inggris dengan membuat Klub Permainan setelah bertanding meski Olivia menolak karena sebenarnya tidak pernah tinggal di luar negeri.

Grand Blue

Grand Blue
  • Tahun: Summer 2018
  • Studio: Zero-G
  • Genre: Comedy, Slice of Life, Seinen

Cerita berawal ketika seorang mahasiswa bernama Iori Kitahara pindah ke daerah pesisir Izu untuk menempuh pendidikan di universitas.

Iori berharap agar bisa memulai kehidupan baru sebagai mahasiswa setelah tinggal bersama pamannya di diving shop bernama Grand Blue.

Akan tetapi, Iori justru bertemu dengan senior-seniornya yang aneh dari Klub Scuba Diving ketika tiba di diving shop milik pamannya.

Iori dipaksa untuk menjadi anggota Klub Scuba Diving meski tidak bisa berenang sehingga terseret ke dalam kekonyolan para seniornya.


Hinamatsuri

Hinamatsuri
  • Tahun: Spring 2018
  • Studio: feel.
  • Genre: Comedy, Supernatural, Childcare, Organized Crime, Seinen

Cerita berawal ketika seorang anggota Yakuza yang hobi mengoleksi guci, Yoshifumi Nitta, tertimpa sebuah bola raksasa di apartemennya.

Kemudian, seorang gadis dengan kemampuan super bernama Hina keluar dari dalam bola tersebut setelah Nitta memutuskan untuk membukanya.

Hina memaksa Nitta untuk menyediakan pakaian, makanan, dan tempat tinggal, dengan mengancam akan menghancurkan semua koleksi miliknya.

Oleh karena itu, Nitta tidak tidak punya pilihan sehingga terpaksa merawat Hina dengan mengajaknya untuk tinggal bersama di apartemen.

Yuru Camp△

Yuru Camp
  • Tahun: Winter 2018
  • Studio: C-Station
  • Genre: Slice of Life

Cerita berawal ketika seorang gadis yang sangat menyukai aktivitas solo camping, Shima Rin, pergi berkemah sendirian di kaki Gunung Fuji.

Rin bertemu dengan seorang gadis bernama Nadeshiko Kagamihara yang ingin melihat Gunung Fuji, tetapi justru tertidur pulas di tepi jalan.

Kemudian, Rin mengajak Nadeshiko untuk datang ke tendanya dan makan malam bersama setelah mendirikan tenda karena hari sudah larut malam.

Nadeshiko pun terpesona oleh pemandangan Gunung Fuji di malam hari sehingga meminta Rin untuk pergi berkemah bersamanya suatu hari nanti.


Sora yori mo Tooi Basho

Sora yori mo Tooi Basho
  • Tahun: Winter 2018
  • Studio: Madhouse
  • Genre: Adventure, Comedy, Drama

Menceritakan tentang seorang siswi SMA bernama Mari Tamaki yang ingin menjalani masa muda dengan melakukan perjalanan tanpa rencana ke tempat yang belum dikunjunginya.

Namun, Mari selalu merasa takut akan menyesali keputusannya karena mengalami kegagalan setelah mencoba melakukan segala sesuatu yang tidak pernah dilakukan sebelumnya.

Suatu hari, Mari bertemu dengan seorang gadis bernama Shirase Kobuchizawa yang ingin pergi ke Antarktika karena ibunya menghilang dalam sebuah ekspedisi di Antarktika.

Shirase juga mengajak Mari pergi ke Antarktika, kemudian bergabung dengan tim Ekspedisi Antarktika bersama dua gadis lainnya, yakni Hinata Miyake dan Yuzuki Shiraishi.

Violet Evergarden

Violet Evergarden
  • Tahun: Winter 2018
  • Studio: Kyoto Animation
  • Genre: Drama, Fantasy

Mengisahkan tentang seorang gadis bernama Violet yang hanya dianggap sebagai senjata tanpa perasaan yang akan bertarung jika diperintah.

Namun, Violet terluka parah dalam sebuah pertempuran sehingga diminta untuk tinggal bersama Keluarga Evergarden setelah perang berakhir.

Kemudian, Violet bekerja sebagai "Auto Memory Doll" yang bertugas untuk menulis surat dengan mendeskripsikan perasaan menjadi kata-kata.

Oleh sebab itu, Violet bertemu dengan orang-orang yang punya kenangan berbeda-beda sehingga bisa mulai belajar memahami arti kata cinta.