Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Anime Romance Orang Dewasa, Dari Mahasiswa Hingga Karyawan

Anime romance umumnya menceritakan tentang hubungan siswa sekolah menengah, sehingga cukup sulit untuk mencari anime yang berisi kisah cinta orang dewasa.

Oleh karena itu, di bawah ini telah dipilihkan anime romance berisi kisah cinta orang dewasa terbaik untuk kamu yang bosan dengan anime percintaan remaja.

Anime romance yang menyajikan hubungan percintaan orang dewasa terkadang memuat tentang drama kehidupan walaupun kebanyakan justru disertai dengan comedy.

Seluruh anime dalam daftar rekomendasi anime romance terbaik berikut ini juga memiliki pemeran orang dewasa, mulai dari mahasiswa hingga pekerja kantoran.

Anime Romance Orang Dewasa

Kanojo, Okarishimasu

Kanojo, Okarishimasu
  • Tahun: Summer 2020
  • Studio: TMS Entertainment
  • Genre: Comedy, Romance, Shounen

Cerita berawal ketika seorang mahasiswa bernama Kazuya Kinoshita diputuskan oleh pacarnya, Mami Nanami, setelah satu bulan berpacaran.

Oleh sebab itu, Kazuya memutuskan untuk menghabiskan waktu bersama pacar sewaan dengan menyewa talent di sebuah situs penyewaan pacar.

Lalu, Kazuya bertemu dengan seorang gadis cantik bernama Chizuru Ichinose yang menjadi talent rental pacar untuk berkencan bersamanya.

Namun, Kazuya tidak sengaja memperkenalkan Chizuru sebagai pacarnya kepada keluarganya meski mengetahui bahwa Chizuru hanya berakting.


Golden Time

Golden Time
  • Tahun: Fall 2013
  • Studio: J.C.Staff
  • Genre: Comedy, Drama, Romance

Bercerita mengenai seorang mahasiswa bernama Banri Tada yang memilih untuk pindah ke Tokyo setelah kehilangan ingatan akibat sebuah kecelakaan.

Kemudian, Banri bertemu dengan seorang mahasiswa bernama Mitsuo Yanagisawa karena tersesat setelah mengikuti upacara penerimaan mahasiswa baru.

Ternyata, Mitsuo berencana untuk melarikan diri dari teman masa kecilnya, Kouko Kaga, yang selalu mengganggunya sejak kecil karena menyukainya.

Akan tetapi, Kouko juga masuk ke universitas yang sama sehingga Banri menjadi sering menghabiskan waktunya bersama Kouko untuk membantu Mitsuo.

Hachimitsu to Clover

Hachimitsu to Clover
  • Tahun: Spring 2005
  • Studio: J.C.Staff
  • Genre: Comedy, Drama, Romance, Josei

Menceritakan tentang seorang mahasiswa bernama Yuta Takemoto yang pindah ke Tokyo setelah kuliah di sebuah perguruan tinggi seni.

Yuta tinggal bersama seniornya, di antaranya ialah Shinobu Morita dan Takumi Mayama, di sebuah apartemen dengan harga sewa murah.

Suatu hari, Yuta jatuh cinta pada pandangan pertama kepada seorang gadis bernama Hagumi Hanamoto yang sangat berbakat dalam seni.

Kemudian, Hagumi berteman dengan seorang mahasiswi bernama Hagumi Hanamoto yang diam-diam menyukai salah satu penghuni apartemen.


Nodame Cantabile

Nodame Cantabile
  • Tahun: Winter 2007
  • Studio: J.C.Staff
  • Genre: Comedy, Romance, Josei

Menceritakan tentang seorang pianis berbakat dari keluarga terkenal bernama Shinichi Chiaki yang menjadi mahasiswa di sebuah universitas musik.

Namun, Shinichi justru ingin menjadi seorang konduktor orkestra karena terpukau oleh pertunjukan orkestra yang dipimpin oleh Sebastiano Vieira.

Suatu hari, Shinichi bertemu dengan seorang pianis, Megumi "Nodame" Noda, yang memiliki gaya bermain sangat bebas sehingga terkesan berantakan.

Ternyata, Shinichi ditempatkan dalam satu kelas dengan Nodame sehingga harus menyelaraskan permainannya untuk menciptakan melodi yang harmonis.

Wotaku ni Koi wa Muzukashii

Wotaku ni Koi wa Muzukashii
  • Tahun: Spring 2018
  • Studio: A-1 Pictures
  • Genre: Romance

Mengisahkan tentang seorang pegawai ceroboh bernama Narumi Momose yang hampir terlambat masuk kerja pada hari pertama bekerja.

Narumi berencana untuk merahasiakan hobinya sebagai otaku supaya tidak diketahui oleh orang lain di tempat kerjanya yang baru.

Namun, Narumi justru bertemu dengan teman masa kecilnya, Hirotaka Nifuji, yang juga otaku dan bekerja di perusahaan yang sama.

Narumi mengajak Hirotaka untuk makan malam bersama setelah pulang bekerja, kemudian Hirotaka mengajak Narumi untuk berpacaran.


Net-juu no Susume

Net-juu no Susume
  • Tahun: Fall 2017
  • Studio: Signal.MD
  • Genre: Comedy, Romance

Bercerita mengenai seorang wanita 30 tahun bernama Morioka Moriko yang memilih untuk menjadi NEET (Not in Education, Employment, or Training) setelah berhenti bekerja.

Morioka tidak memiliki pasangan sehingga menghabiskan waktunya sebagai pengangguran untuk bermain game MMORPG menggunakan karakter laki-laki dengan nickname "Hayashi".

Hayashi juga payah dalam bermain. Namun, Hayashi bertemu dengan karakter perempuan yang diberi nickname "Lily", yang dimainkan oleh seorang pria bernama Yuuta Sakurai.

Lalu, Lily mengirim permintaan pertemanan kepada Hayashi untuk membantunya bermain game dengan menyelesaikan quest, menaikkan level, dan melakukan petualangan bersama.

NHK ni Youkoso!

NHK ni Youkoso!
  • Tahun: Summer 2006
  • Studio: Gonzo
  • Genre: Comedy, Drama, Romance

Bercerita mengenai seorang pemuda pengangguran berusia 22 tahun bernama Tatsuhiro Satou yang sudah menjadi hikikomori selama hampir 4 tahun.

Satou percaya bahwa dirinya terlibat dalam konspirasi Nihon Hikikomori Kyokai (NHK), sebuah organisasi yang mendorong penyebaran hikikomori.

Akan tetapi, Satou bertemu dengan seorang gadis bernama Misaki Nakahara yang bersedia untuk membantunya berhenti menjadi seorang hikikomori.

Kemudian, Satou memutuskan untuk berjuang menghadapi segala rintangan agar bisa kembali ke masyarakat setelah mendapat dukungan dari Misaki.


Arakawa Under the Bridge

Arakawa Under the Bridge
  • Tahun: Spring 2010
  • Studio: Shaft
  • Genre: Comedy, Romance, Seinen

Mengisahkan tentang seorang penerus Perusahaan Ichinomiya, Kou Ichinomiya, yang pantang berhutang budi kepada orang lain.

Suatu hari, Kou diselamatkan oleh seorang gadis aneh bernama Nino ketika hampir tewas karena terjatuh dari atas jembatan.

Nino mengaku sebagai makhluk Venus yang hidup sendiri di bantaran sungai di bawah jembatan dan tidak membutuhkan apa pun.

Namun, Kou bersikeras untuk membalas budi sehingga Nino meminta supaya Kou mencintainya dengan tinggal di bawah jembatan.

Fune wo Amu

Fune wo Amu
  • Tahun: Fall 2016
  • Studio: Zexcs
  • Genre: Drama, Romance

Bercerita tentang seorang pria bernama Mitsuya Majime yang bekerja di bagian penjualan di sebuah perusahaan penerbitan bernama Genbu Publishing.

Selain itu, Mitsuya senang membaca buku, tetapi memiliki keterampilan sosial yang buruk karena tidak mampu membaca suasana dalam banyak situasi.

Suatu hari, Mitsuya dipindahkan ke divisi editorial kamus karena seorang editor senior bernama Kouhei Araki memutuskan untuk pensiun lebih awal.

Mitsuya bekerja sebagai editor di bawah pengawasan seorang profesor bernama Tomosuke Matsumoto dalam proyek pembuatan kamus "The Great Passage".