Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penuh Time Travel, Daftar 9 Anime Terbaik Tahun 2016

Banyak anime yang tayang perdana di tahun 2016 berhasil meraih kesuksesan meski harus bersaing dengan berbagai sekuel anime populer yang dirilis bersamaan.

Anime terbaik tahun 2016 terdiri dari beragam genre, di antaranya supernatural, historical, fantasy, dan romance, dengan didominasi oleh anime time travel.

Bagi yang sedang mencari anime, khususnya yang menyukai anime bertema time travel, jangan lewatkan daftar rekomendasi anime terbaik tahun 2016 berikut ini.

Perlu diketahui, daftar anime terbaik tahun 2016 ini hanya berisi anime yang baru rilis tahun 2016, tidak menyertakan sekuel yang pernah tayang sebelumnya.

Daftar Anime Terbaik Tahun 2016

Shouwa Genroku Rakugo Shinjuu

Shouwa Genroku Rakugo Shinjuu
  • Tahun: Winter 2016
  • Studio: Studio Deen
  • Genre: Historical, Josei

Menceritakan tentang seorang pemuda bernama Kyoji atau dikenal sebagai "Yotaro" yang berhenti menjadi anggota Yakuza setelah bebas dari penjara.

Kemudian, Yotaro memutuskan untuk menjadi murid seorang seniman rakugo hebat bernama Yakumo Yuurakutei karena sudah tidak memiliki apa-apa lagi.

Yotaro juga bertemu dengan seorang wanita bernama Konatsu yang merupakan putri seorang seniman rakugo yang sudah meninggal, Sukeroku Yuurakutei.

Ternyata, Yotaro tidak sengaja membangkitkan kembali kenangan masa lalu Yakumo dan Konatsu tentang Sukeroku setelah melakukan penampilan rakugo.


Mob Psycho 100

Mob Psycho 100
  • Tahun: Summer 2016
  • Studio: Bones
  • Genre: Action, Comedy, Supernatural, Super Power

Menceritakan tentang seorang siswa SMP bernama Kageyama "Mob" Shigeo yang mempunyai kekuatan psikis yang luar biasa.

Namun, Mob tidak dapat mengendalikan kekuatannya jika emosinya mencapai batas sehingga akan membahayakan orang lain.

Oleh karena itu, Mob berlatih untuk mengontrol kekuatannya dengan menjadi murid seorang pria bernama Arataka Reigen.

Mob berjanji tidak akan menggunakan kekuatannya pada manusia meski fisiknya sangat lemah dan kerap terlibat masalah.

Saiki Kusuo no Ψ-nan

Saiki Kusuo no Ψ-nan
  • Tahun: Summer 2016
  • Studio: J.C.Staff, Egg Firm
  • Genre: Comedy, Supernatural, School, Super Power, Shounen

Bercerita tentang seorang siswa SMA bernama Saiki Kusuo yang terlahir dengan berbagai kemampuan supernatural, seperti telepati, teleportasi, dan psikokinesis.

Namun, Saiki ingin menjalani kehidupan yang tenang dan damai seperti orang biasa sehingga memutuskan untuk tidak menggunakan kemampuannya di depan orang lain.

Saiki berusaha untuk menyembunyikan kemampuannya, tetapi semua tidak semudah yang diharapkan karena Saiki dikelilingi oleh teman-teman yang konyol di sekolah.


3-gatsu no Lion

3-gatsu no Lion
  • Tahun: Fall 2016
  • Studio: Shaft
  • Genre: Drama, Slice of Life, Seinen

Menceritakan tentang seorang remaja 17 tahun bernama Rei Kiriyama yang dianggap jenius karena telah menjadi pemain shogi profesional sejak usia muda.

Rei tinggal sendirian di sebuah apartemen di Tokyo dan memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan penghasilannya sebagai seorang pemain shogi profesional.

Rei sering teringat kenangan pahit bersama keluarga angkatnya, dan tidak memiliki teman, baik di sekolah maupun komunitas shogi, karena menutup diri.

Namun, Rei bertemu dengan tiga bersaudara, yakni Akari, Hinata, dan Momo Kawamoto, yang memberinya kehangatan sebuah keluarga setelah hidup di Tokyo.

Boku dake ga Inai Machi

Boku dake ga Inai Machi
  • Tahun: Winter 2016
  • Studio: A-1 Pictures
  • Genre: Mystery, Supernatural, Psychological, Seinen

Bercerita tentang seorang pemuda bernama Satoru Fujinuma yang memiliki kemampuan "Revival" untuk mengulang kembali waktu sebelum kejadian buruk terjadi.

Namun, Satoru harus mencegah kejadian buruk terjadi dengan mencari sesuatu yang janggal setelah mengalami Revival meski terkadang justru menjadi korban.

Suatu hari, Satoru dituduh sebagai pelaku pembunuhan setelah ibunya dibunuh oleh seorang pria misterius karena menggagalkan sebuah percobaan penculikan.

Kemudian, Satoru mengalami Revival ke masa lalu untuk menemukan pembunuh ibunya dengan menyelamatkan teman masa kecilnya yang menjadi korban penculikan.


Re:Zero kara Hajimeru Isekai Seikatsu

Re:Zero kara Hajimeru Isekai Seikatsu
  • Tahun: Spring 2016
  • Studio: White Fox
  • Genre: Drama, Fantasy, Psychological

Cerita berawal ketika seorang remaja bernama Subaru Natsuki tiba-tiba berpindah ke dunia lain setelah berbelanja di sebuah minimarket.

Subaru pindah ke sebuah dunia fantasi dengan kebudayaan gaya abad pertengahan tempat manusia dan demi-human hidup secara berdampingan.

Kemudian, Subaru ditolong oleh seorang half-elf yang memperkenalkan dirinya dengan nama Satella saat dikeroyok oleh sekelompok pemuda.

Oleh karena itu, Subaru memutuskan untuk membantu Satella, yang bernama asli Emilia, sebagai balas budi setelah nyawanya diselamatkan.

Namun, Subaru mengulang kembali dari awal setelah mengalami kematian sehingga menyadari bahwa dirinya punya kemampuan Return by Death.

Kono Subarashii Sekai ni Shukufuku wo!

Kono Subarashii Sekai ni Shukufuku wo!
  • Tahun: Winter 2016
  • Studio: Studio Deen
  • Genre: Adventure, Comedy, Fantasy, Parody

Cerita berawal ketika seorang hikikomori bernama Satou Kazuma memutuskan untuk pergi membeli barang edisi terbatas dari sebuah game online populer.

Namun, Kazuma meninggal dunia dalam perjalanan pulang ke rumah setelah mencoba untuk menyelamatkan seorang gadis yang hampir tertabrak sebuah truk.

Kemudian, Kazuma bertemu dengan seorang dewi bernama Aqua yang menjelaskan bahwa Kazuma meninggal karena syok setelah mengira traktor sebagai truk.

Aqua juga memberikan dua pilihan kepada Kazuma, hidup di surga atau pindah ke dunia lain dengan membawa sebuah barang untuk mengalahkan Raja Iblis.

Kazuma justru memilih untuk membawa Aqua ke dunia lain karena ingin balas dendam setelah ditertawakan, sehingga Aqua terpaksa pergi bersama Kazuma.


ReLIFE

ReLIFE
  • Tahun: Summer 2016
  • Studio: TMS Entertainment
  • Genre: Drama, Romance, School

Bercerita mengenai seorang pengangguran berusia 27 tahun bernama Arata Kaizaki yang kesulitan dalam mencari pekerjaan setelah mengundurkan diri dari tempat kerjanya.

Suatu malam, Arata bertemu dengan seorang perwakilan ReLIFE Laboratory bernama Ryo Yoake yang memberitahu bahwa Arata telah terpilih menjadi subjek percobaan ReLIFE.

Ryo meminta Arata untuk mengikuti eksperimen selama 1 tahun dengan menjamin semua kebutuhannya sehari-hari dan akan memberikan pekerjaan setelah eksperimen berakhir.

Kemudian, Arata harus meminum obat khusus yang bisa mengubah penampilan kembali menjadi muda dan menjalani kehidupan sebagai seorang siswa SMA selama masa percobaan.

Orange

Orange
  • Tahun: Summer 2016
  • Studio: Telecom Animation Film
  • Genre: Drama, Romance, Sci-Fi, School, Time Travel, Shoujo

Cerita berawal ketika seorang gadis SMA bernama Naho Takamiya menerima sepucuk surat dari dirinya yang berusia 26 tahun yang memiliki banyak penyesalan di masa depan.

Naho di masa depan mengirimkan surat yang menjelaskan mengenai rangkaian peristiwa yang akan terjadi dalam hidupnya kepada dirinya di masa lalu untuk meminta bantuan.

Kemudian, semua yang tertulis di surat menjadi kenyataan, mulai dari dirinya yang hampir terlambat ke sekolah hingga kedatangan seorang murid pindahan, Naruse Kakeru.

Naho di masa depan ingin memperbaiki semuanya dengan memastikan dirinya di masa lalu tidak mengulang kembali kesalahan yang pernah dibuatnya saat mengambil keputusan.