Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Rekomendasi Anime Petualangan Kalem, Tetapi Penuh Makna

Anime adventure biasanya menyajikan cerita yang penuh dengan pertarungan, tetapi sebagian anime adventure justru punya cerita dalam suasana yang tenang.

Anime adventure dengan suasana kalem kebanyakan mengandung makna yang mendalam, bahkan terkadang dibarengi dengan cerita yang menyentuh dan menyedihkan.

Anime adventure yang santai juga bermuatan aksi yang menegangkan dalam menghadapi rintangan yang membahayakan nyawa, sehingga tetap seru untuk ditonton.

Bagi yang ingin menikmati anime adventure yang tidak biasa, berikut telah disiapkan daftar rekomendasi anime petualangan yang kalem, tetapi penuh makna.

Daftar Anime Adventure Yang Kalem Dan Penuh Makna

Made in Abyss

Made in Abyss
  • Tahun: Summer 2017
  • Studio: Kinema Citrus
  • Genre: Adventure, Drama, Fantasy, Mystery, Sci-Fi

Berlatar setelah ditemukan sebuah lubang misterius bernama Abyss yang memiliki diameter mencapai 1000 meter dengan kedalaman yang tidak diketahui.

Oleh sebab itu, orang-orang datang untuk menjelajahi misteri di dasar Abyss sehingga terbentuk sebuah kota besar bernama Orth di sekeliling Abyss.

Suatu hari, seorang penjelajah pemula bernama Riko menemukan robot misterius berwujud anak laki-laki saat melakukan eksplorasi di permukaan Abyss.

Riko adalah seorang gadis yang besar di sebuah panti asuhan di kota Orth dan berambisi untuk menjadi penjelajah legendaris mengikuti jejak ibunya.

Kemudian, Riko memutuskan untuk membawa robot yang ditemukannya dengan menamainya Reg, dan melakukan petualangan bersama ke bagian terdalam Abyss.


Mushishi

Mushishi
  • Tahun: Fall 2005
  • Studio: Artland
  • Genre: Adventure, Fantasy, Mystery, Slice of Life, Supernatural, Historical, Iyashikei, Seinen

Bercerita mengenai seorang pengembara bernama Ginko yang menjadi Mushi-shi untuk menangani fenomena yang berkaitan dengan mushi.

Mushi adalah makhluk primitif yang memiliki kemampuan di luar nalar manusia dan tidak berwujud menyerupai hewan maupun tumbuhan.

Namun, Ginko dapat melihat atau berinteraksi secara langsung dengan mushi dan mempunyai kemampuan khusus untuk menghadapi mushi.

Ginko mengembara untuk meneliti Mushi langka sambil membantu orang-orang dalam menyembuhkan penyakit yang disebabkan oleh mushi.


Sora yori mo Tooi Basho

Sora yori mo Tooi Basho
  • Tahun: Winter 2018
  • Studio: Madhouse
  • Genre: Adventure, Comedy, Drama

Menceritakan tentang seorang siswi SMA bernama Mari Tamaki yang ingin menjalani masa muda dengan melakukan perjalanan tanpa rencana ke tempat yang belum dikunjunginya.

Namun, Mari selalu merasa takut akan menyesali keputusannya karena mengalami kegagalan setelah mencoba melakukan segala sesuatu yang tidak pernah dilakukan sebelumnya.

Suatu hari, Mari bertemu dengan seorang gadis bernama Shirase Kobuchizawa yang ingin pergi ke Antarktika karena ibunya menghilang dalam sebuah ekspedisi di Antarktika.

Shirase juga mengajak Mari pergi ke Antarktika, kemudian bergabung dengan tim Ekspedisi Antarktika bersama dua gadis lainnya, yakni Hinata Miyake dan Yuzuki Shiraishi.


Fumetsu no Anata e

Fumetsu no Anata e
  • Tahun: Spring 2021
  • Studio: Brain's Base
  • Genre: Adventure, Drama, Supernatural, Shounen

Cerita berawal ketika sebuah bola yang bisa meniru dan berubah wujud menjadi berbagai hal dijatuhkan ke dunia untuk diawasi.

Bola itu awalnya hanya menjadi batu, lalu meniru bentuk lumut ketika mulai hangat, dan menjadi serigala setelah turun salju.

Bola itu mendapatkan kesadaran dan meniru kebiasaan serigala, kemudian bertemu dengan seorang anak laki-laki di sebuah desa.

Namun, anak laki-laki itu meninggal sehingga serigala itu menirunya dan mengambil wujud manusia, lalu hidup dalam keabadian.


Ookami to Koushinryou

Ookami to Koushinryou
  • Tahun: Winter 2008
  • Studio: Imagin
  • Genre: Adventure, Fantasy, Romance, Historical

Berawal ketika seorang pedagang keliling bernama Kraft Lawrence mendapati seorang gadis serigala bernama Holo tertidur di kereta kudanya.

Ternyata, Holo adalah sosok serigala yang dianggap sebagai Dewa oleh penduduk di sebuah desa karena telah membuat panen gandum berlimpah.

Namun, Holo meminta Lawrence untuk membawanya pergi karena tidak dibutuhkan lagi setelah penduduk desa makmur dengan kekuatannya sendiri.

Lalu, Holo berkelana bersama Lawrence untuk kembali ke tempat asalnya sembari berbisnis di setiap kota yang dikunjungi selama perjalanan.


Shoujo Shuumatsu Ryokou

Shoujo Shuumatsu Ryokou
  • Tahun: Fall 2017
  • Studio: White Fox
  • Genre: Adventure, Mystery, Sci-Fi, Slice of Life, Iyashikei

Mengisahkan tentang petualangan dua gadis, yakni Chito dan Yuuri, yang menjadi orang terakhir yang selamat setelah peradaban manusia musnah karena perang.

Chito dan Yuuri berkelana tanpa tujuan dengan mengendarai Kettenkrad sambil menyusuri reruntuhan kota untuk mencari makanan, bahan bakar, dan suku cadang.

Somali to Mori no Kamisama

Somali to Mori no Kamisama
  • Tahun: Winter 2020
  • Studio: Satelight, HORNETS
  • Genre: Adventure, Drama, Fantasy, Slice of Life

Cerita berlatar setelah semua manusia menghilang karena kalah dalam perang melawan makhluk-makhluk fantastis.

Suatu hari, sesosok Golem penjaga hutan menemukan seorang anak manusia yang memanggilnya ayah di dalam hutan.

Golem juga memberi anak perempuan itu nama Somali dan memutuskan untuk meninggalkan hutan yang dilindunginya.

Golem mencoba menemukan manusia yang tersisa dan orang tua Somali dengan melakukan perjalanan bersama Somali.


Kino no Tabi: The Beautiful World - The Animated Series

Kino no Tabi: The Beautiful World - The Animated Series
  • Tahun: Fall 2017
  • Studio: Lerche
  • Genre: Action, Adventure, Slice of Life

Mengisahkan tentang seorang pengembara bernama Kino yang melakukan petualangan bersama sepeda motornya yang bisa berbicara, Hermes.

Kino melakukan perjalanan keliling dunia dengan berkunjung ke berbagai negera karena ingin melihat cara orang lain menjalani hidup.

Kino akan tinggal selama tiga hari di setiap negera yang dikunjungi dan sering menghadapi takdir yang menyedihkan dalam perjalanan.

Namun, Kino tidak pernah berpikir untuk berhenti mengembara meskipun harus membunuh orang lain supaya dapat melanjutkan perjalanan.


Majo no Tabitabi

Majo no Tabitabi
  • Tahun: Fall 2020
  • Studio: C2C
  • Genre: Adventure, Fantasy

Menceritakan tentang seorang penyihir berbakat bernama Elaina yang sangat suka membaca buku, terutama buku Petualangan Nike, sejak masih kecil.

Petualangan Nike adalah sebuah buku yang berisi catatan perjalanan seorang penyihir bernama Nike saat melakukan petualangan mengelilingi dunia.

Maka dari itu, Elaina ingin mengembara dan berusaha untuk menjadi penyihir hingga lulus ujian sihir pada usia 14 tahun sebagai lulusan termuda.

Elaina juga memperoleh gelar "Penyihir Kelabu" setelah menjalani pelatihan, kemudian memulai perjalanannya sebagai seorang penyihir pengembara.