Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Rekomendasi Anime Romance Comedy Terbaik Yang Lucu Tapi Romantis

Tidak sekedar menyuguhkan hal-hal romantis, anime romance comedy juga menghadirkan kejadian-kejadian lucu yang sering terjadi dalam sebuah hubungan asmara.

Hal itu terlihat jelas pada anime-anime dalam daftar rekomendasi anime romance comedy berikut yang berisi kisah romantis, tetapi sarat dengan adegan kocak.

Anime-anime pada rekomendasi anime romance comedy di bawah ini juga minim drama jika dibandingkan dengan anime-anime sedih, sehingga mudah untuk dinikmati.

Bagi kamu yang ingin menonton serial anime dengan cerita yang romantis dan lucu, jangan lewatkan daftar 9 rekomendasi anime romance comedy terbaik berikut.

Rekomendasi Anime Romance Comedy Terbaik

Kaguya-sama wa Kokurasetai: Tensai-tachi no Renai Zunousen

Kaguya-sama wa Kokurasetai: Tensai-tachi no Renai Zunousen
  • Tahun: Winter 2019
  • Studio: A-1 Pictures
  • Genre: Comedy, Romance, Psychological, School, Seinen

Cerita berlatar di Shuchiin Academy, sebuah sekolah elit yang didirikan sebagai fasilitas untuk mendidik murid-murid berbakat dari keluarga terhormat.

Shinomiya Kaguya, wakil ketua OSIS yang berasal dari keluarga konglomerat dan sangat berbakat hingga memiliki banyak pencapaian dalam berbagai bidang.

Shirogane Miyuki, ketua OSIS yang pintar, kuat, dan bijaksana, yang mampu meraih peringkat pertama pada setiap ujian karena dedikasinya dalam belajar.

Shinomiya dan Shirogane saling mencintai. Namun, cinta adalah perang bagi mereka dan orang yang pertama kali menyatakan cinta adalah orang yang kalah.

Karakai Jouzu no Takagi-san

Karakai Jouzu no Takagi-san
  • Tahun: Winter 2018
  • Studio: Shin-Ei Animation
  • Genre: Comedy, Romance, Slice of Life, School, Shounen

Menceritakan tentang Nishikata dan Takagi, dua murid sekolah menengah yang duduk bersebelahan di dalam kelas.

Nishikata sering menggoda Takagi. Namun, Takagi mengenal Nishikata dengan baik sehingga menyadari perilakunya.

Oleh karena itu, Nishikata selalu gagal untuk menggoda Takagi dan justru berakhir dengan dijahali oleh Takagi.

Meski begitu, Nishikata tidak menyerah dan bersumpah akan terus menggoda Takagi untuk membuatnya tersipu malu.

Horimiya

Horimiya
  • Tahun: Winter 2021
  • Studio: CloverWorks
  • Genre: Comedy, Romance, Slice of Life, School, Shounen

Mengisahkan tentang Kyouko Hori, seorang siswi populer yang sibuk mengurus pekerjaan rumah hingga tidak bisa menikmati kehidupan seperti gadis-gadis seusianya.

Suatu hari, Hori bertemu dengan teman sekelasnya, Izumi Miyamura, yang datang ke rumahnya untuk mengantarkan adik laki-lakinya, Souta, pulang setelah terjatuh.

Namun, Miyamura tampak seperti orang yang berbeda dengan tindik dan tatonya karena Hori hanya mengenalnya sebagai seorang siswa yang pendiam ketika di sekolah.

Meskipun masih merasa terkejut, Hori dan Miyamura mulai sering menghabiskan waktu bersama karena Miyamura selalu mengunjungi rumah Hori setelah pulang sekolah.


Ouran Koukou Host Club

Ouran Koukou Host Club
  • Tahun: Spring 2006
  • Studio: Bones
  • Genre: Comedy, Romance, Harem, School, Shoujo

Cerita berpusat pada Haruhi Fujioka, seorang gadis biasa yang mendapat beasiswa sebagai murid kehormatan di sebuah sekolah untuk anak-anak orang kaya, Ouran High School.

Suatu hari, Haruhi tidak sengaja masuk ke ruang Host Club ketika mencari tempat yang tenang untuk belajar, tetapi justru dianggap sebagai laki-laki karena penampilannya.

Haruhi juga tanpa sengaja memecahkan vas seharga 8 juta Yen saat di ruang Host Club sehingga dipaksa menjadi pesuruh dan melayani pelanggan Host Club sebagai ganti rugi.

Namun, anggota Host Club perlahan mulai menyadari bahwa Haruhi sebenarnya adalah gadis yang cantik, bahkan mampu mempesona Tamaki Suoh, siswa paling populer di Host Club.

Toradora!

Toradora!
  • Tahun: Fall 2008
  • Studio: J.C.Staff
  • Genre: Comedy, Romance, Slice of Life, School

Menceritakan tentang Ryuuji Takasu, seorang siswa yang dijauhi oleh murid lain karena mempunyai tatapan mata yang mengintimidasi.

Suatu hari, Ryuuji bertemu dengan Aisaka Taiga, seorang gadis bertubuh kecil yang ditakuti murid lain karena sikapnya yang kasar.

Ternyata Ryuji menyukai teman dekat Aisaka, Kushieda Minori, sementara Aisaka juga menyukai teman dekat Ryuuji, Kitamura Yuusaku.

Setelah mengetahui rahasia masing-masing, Ryuuji dan Taiga menjadi lebih banyak menghabiskan waktu bersama untuk saling membantu.

Kaichou wa Maid-sama!

Kaichou wa Maid-sama!
  • Tahun: Spring 2010
  • Studio: J.C.Staff
  • Genre: Comedy, Romance, School, Shoujo

Bercerita mengenai Misaki Ayuzawa, ketua OSIS SMA Seika, sebuah sekolah yang dulunya adalah sekolah khusus laki-laki sebelum diubah menjadi sekolah campuran.

Misaki sangat membenci laki-laki karena ayahnya tiba-tiba menghilang dengan meninggalkan banyak hutang, sehingga keluarganya terpaksa hidup dalam kemiskinan.

Misaki juga harus bekerja paruh waktu sebagai maid di sebuah cafe untuk memenuhi kebutuhan keluarganya dan merahasiakannya supaya tidak diketahui siswa lain.

Namun, siswa terpopuler di sekolah, Usui Takumi, tidak sengaja melihat Misaki mengenakan pakaian maid hingga mengetahui bahwa ketua OSIS adalah seorang maid.


Wotaku ni Koi wa Muzukashii

Wotaku ni Koi wa Muzukashii
  • Tahun: Spring 2018
  • Studio: A-1 Pictures
  • Genre: Comedy, Romance, Slice of Life

Menceritakan tentang seorang otaku dan karyawan baru bernama Narumi Momose yang hampir terlambat masuk kerja pada hari pertama bekerja.

Narumi berencana untuk menyembunyikan hobinya sebagai seorang otaku supaya tidak diketahui oleh rekan-rekannya di tempat kerja barunya.

Namun, Narumi bertemu kembali dengan teman masa kecilnya, Hirotaka Nifuji, yang juga otaku dan ternyata bekerja di perusahaan yang sama.

Narumi mengundang Hirotaka pergi minum bersama karena ingin meminta bantuannya, tetapi Hirotaka justru mengajak Narumi untuk berpacaran.

Ore Monogatari!!

Ore Monogatari!!
  • Tahun: Spring 2015
  • Studio: Madhouse
  • Genre: Comedy, Romance, Shoujo

Menceritakan tentang seorang siswa kelas 1 SMA bernama Gouda Takeo yang memiliki badan besar dan kuat, tetapi sangat lembut dan baik hati.

Takeo selalu mengalami kegagalan dalam urusan percintaan karena gadis yang disukainya akan jatuh cinta kepada sahabatnya, Makoto Sunakawa.

Suatu hari, Takeo menolong seorang gadis cantik bernama Rinko Yamato saat mengalami pelecehan seksual di kereta, dan jatuh hati kepadanya.

Ternyata Yamato juga menyukai Takeo. Namun, Takeo justru berpikir bahwa Yamato jatuh cinta kepada Sunakawa dan berniat untuk mendukungnya.

Gekkan Shoujo Nozaki-kun

Gekkan Shoujo Nozaki-kun
  • Tahun: Summer 2014
  • Studio: Doga Kobo
  • Genre: Comedy, Romance, School

Cerita berawal ketika seorang siswi SMA bernama Sakura Chiyo mengungkapkan perasaan sukanya pada seorang siswa bernama Umetarou Nozaki.

Namun, Nozaki justru memberikan sebuah tanda tangan bertuliskan nama pena "Yumeno Sakiko" karena menganggap Sakura adalah penggemarnya.

Sakura juga mengatakan bahwa dirinya ingin selalu bersama dengan Nozaki, sehingga Nozaki mengundang Sakura untuk pergi ke apartemennya.

Ternyata Nozaki membawa Sakura ke apartemennya untuk dijadikan asisten karena sebenarnya Nozaki adalah seorang mangaka shoujo terkenal.