Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rekomendasi Anime Bertema Otomotif Dengan Mobil dan Motor Nyata

Penggemar otomotif tentu menyukai hal-hal yang berhubungan dengan kendaraan bermotor, apalagi yang dapat menambah wawasan tentang otomotif, baik itu mobil maupun sepeda motor.

Selain itu, pecinta otomotif, khususnya petrol head, biasanya menaruh minat terhadap segala sesuatu yang berkaitan dengan dunia balap, termasuk hiburan seperti film dan anime.

Maka dari itu, berikut ini disiapkan daftar rekomendasi anime bertema otomotif terbaik tentang mobil dan sepeda motor bagi penggemar anime yang tertarik dengan dunia otomotif.

Rekomendasi anime bertema otomotif ini terdiri dari berbagai macam cerita, yang semuanya berisi produk mobil dan motor yang dapat ditemukan di dunia nyata, bukan hanya rekaan.

Daftar Anime Otomotif Terbaik

Initial D

Initial D
  • Tahun: Spring 1998
  • Studio: Gallop, Studio Comet
  • Genre: Action, Drama, Racing, Seinen

Menceritakan tentang seorang remaja bernama Takumi Fujiwara yang bekerja paruh waktu di SPBU dan sama sekali tidak tertarik dengan otomotif.

Namun, Takumi sebenarnya sering berkendara pada dini hari di Gunung Akina dengan Toyota Sprinter Trueno (AE86) ayahnya untuk mengantar tahu.

Takumi selalu mengemudi dalam kecepatan tinggi dengan melakukan drift di tikungan sambil memastikan tahu dagangan milik ayahnya tidak rusak.

Suatu hari, Takumi diajak untuk pergi melihat balapan gunung (Touge) yang diadakan di Gunung Akina sehingga terseret ke dunia balap jalanan.


Wangan Midnight

Wangan Midnight
  • Tahun: Summer 2007
  • Studio: A.C.G.T.
  • Genre: Action, Racing, Seinen

Bercerita tantang seorang pemuda bernama Akio Asakura yang suka balapan dengan Nissan Fairlady Z (Z31) miliknya di rute Wangan jalan tol Tokyo.

Suatu hari, Akio dikalahkan oleh seorang dokter bedah bernama Tatsuya Shima "Raja Wangan" yang mengendarai Porsche 911 Turbo (964) "Blackbird".

Lalu, Akio memutuskan untuk membeli Nissan Fairlady Z (S30) "Devil Z" yang akan dimusnahkan di tempat barang bekas karena pemiliknya meninggal.

Akan tetapi, Akio harus berusaha untuk mengendalikan mobilnya yang kerap mengalami kecelakaan setiap berganti pemilik karena sulit dikemudikan.

Super Cub

Super Cub
  • Tahun: Spring 2021
  • Studio: Studio Kai
  • Genre: Slice of Life, CGDCT, Iyashikei, School

Mengisahkan tentang seorang gadis SMA bernama Koguma yang hidup sebatang kara tanpa teman maupun keluarga.

Koguma tidak punya uang dan harus melalui jalan tanjakan untuk pergi ke sekolah sehingga sering kelelahan.

Maka dari itu, Koguma memutuskan untuk membeli motor bekas Honda Super Cub yang dijual dengan harga murah.

Koguma mendapat teman dan kegiatan baru setelah mengendarai Super Cub sehingga kehidupannya mulai berubah.


MF Ghost

MF Ghost
  • Tahun: Coming Soon
  • Studio: Felix Film
  • Genre: Racing, Seinen

Cerita berlatar ketika kendaraan listrik telah tersebar luas sehingga mobil dengan mesin pembakaran internal terancam punah.

Namun, sebuah balapan yang dikenal sebagai MFG, yang diadakan di jalur tertutup di jalan raya umum, menarik perhatian dunia.

Suatu hari, seorang pembalap bernama Kanata Katagiri pindah ke Jepang setelah lulus dari sekolah balap terkemuka di Inggris.

Kanata berusaha untuk menemukan ayahnya yang hilang, Ken Katagiri, dengan mengikuti balapan MFG menggunakan Toyota 86 (ZN6).

Ex-Driver

Ex-Driver
  • Tahun: Summer 2000
  • Studio: Actas
  • Genre: Action, Adventure, Comedy, Sci-Fi, Racing

Cerita berlatar di masa depan ketika seluruh transportasi menggunakan energi listrik dan sepenuhnya dikendalikan oleh AI.

Akan tetapi, kendaraan otonom terkadang mengalami kegagalan sistem sehingga membahayakan keselamatan pengguna jalan lain.

Oleh sebab itu, dibutuhkan pengemudi mobil disebut éX-Driver untuk menghentikan kendaraan otonom yang kehilangan kendali.

Suatu hari, seorang anak laki-laki bernama Souichi Sugano menjadi anggota éX-Driver dengan mengendarai Lotus Super Seven.

Souichi harus membantu éX-Driver lain, yakni Lisa Sakakino dengan Subaru Impreza WRX, dan Lorna Endo dengan Lotus Europa.


Bakuon!!

Bakuon!!
  • Tahun: Spring 2016
  • Studio: TMS Entertainment
  • Genre: Comedy, Slice of Life, CGDCT, Seinen

Bercerita tentang seorang gadis bernama Hane Sakura yang selalu berangkat ke sekolah dengan mengayuh sepedanya melewati janan berbukit.

Suatu hari, Hane bertemu dengan seorang gadis bernama Onsa Amano yang memberinya saran untuk mulai mengendarai sepeda motor ke sekolah.

Oleh karena itu, Hane mengetahui bahwa sekolahnya ternyata mengizinkan siswa untuk membawa sepeda motor dan memiliki Klub Sepeda Motor.

Kemudian, Hane berusaha untuk mendapatkan SIM setelah bergabung dengan Klub Sepeda Motor supaya bisa berkendara bersama teman-temannya.

One Off

One Off
  • Tahun: Summer 2012
  • Studio: TYO Animations
  • Genre: Slice of Life, Iyashikei

Menceritakan tentang seorang gadis bernama Shiozaki Haruno yang sudah bosan tinggal di pedesaan di sebuah dataran tinggi.

Haruno membantu orang tuanya dan pergi ke sekolah setiap hari dengan mengendarai sepeda motor HONDA Giorno kesayangannya.

Suatu hari, Haruno bertemu dengan seorang pelancong, Cynthia B. Rogers, yang berkeliling dunia menunggangi HONDA CBR250R.

Kemudian, Haruno mulai memberanikan diri untuk mencoba hal-hal baru setelah melalukan perjalanan singkat bersama Cynthia.