Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar 9 Anime Sports Terbaik Yang Bikin Semangat Berolahraga

Anime terkadang mampu membangkitkan motivasi untuk mulai melakukan sesuatu, misalnya anime sport yang bisa menambah semangat dalam berolahraga.

Anime sport biasanya sangat menginspirasi sebab menghadirkan cerita from zero to hero tentang perjuangan para atlet untuk menjadi yang terbaik.

Tidak hanya itu, anime sports yang memiliki cerita realistis juga dapat memberikan edukasi mengenai teknik dasar atau peraturan dalam olahraga.

Bagi yang ingin menambah pengetahuan tentang olahraga atau justru malas berolahraga, simak daftar rekomendasi anime sports terbaik berikut ini.

Rekomendasi Anime Sports Terbaik

Haikyuu!!

Haikyuu!!
  • Tahun: Spring 2014
  • Studio: Production I.G
  • Genre: Sports, School, Shounen

Mengisahkan tentang seorang siswa bertubuh pendek bernama Hinata Shoyo yang bertekad untuk menjadi atlet bola voli setelah melihat permainan "Raksasa Kecil" dari SMA Karasuno di TV.

Namun, Hinata menjadi satu-satunya anggota laki-laki di Klub Bola Voli sehingga hanya bisa berlatih sendiri dan meminta bantuan teman-temannya yang masih pemula untuk membentuk tim.

Oleh karena itu, Hinata dan timnya dikalahkan dengan mudah pada Turnamen Bola Voli tingkat SMP oleh tim seorang setter berbakat bernama Kageyama Tobio yang dijuluki "Raja Lapangan".

Kemudian, Hinata memutuskan untuk mendaftar ke SMA Karasuno sehingga kembali bertemu dengan Kageyama, yang ternyata juga ingin bergabung menjadi anggota Klub Bola Voli SMA Karasuno.


Kuroko no Basket

Kuroko no Basket
  • Tahun: Spring 2012
  • Studio: Production I.G
  • Genre: Sports, School, Shounen

Menceritakan tentang seorang siswa bernama Kuroko Tetsuya yang merupakan anggota keenam misterius "Kiseki no Sedai" dengan kemampuan passing yang hebat.

Kiseki no Sedai adalah generasi terhebat Klub Basket SMP Teiko, yang beranggotakan pemain jenius yang telah memenangkan kejuaraan 3 kali berturut-turut.

Akan tetapi, setiap anggota Kiseki no Sedai mendaftar ke SMA dengan Klub Basket kuat yang berbeda setelah lulus SMP sehingga Kuroko masuk ke SMA Seirin.

Kuroko juga bertemu dengan seorang siswa bernama Taiga Kagami yang berbakat dalam bermain basket dan ingin menemukan lawan yang mampu membuatnya serius.

Kemudian, Kuroko dan Kagami memutuskan untuk bekerja sama agar bisa menjadi pemain terbaik di Jepang dengan mengalahkan seluruh anggota Kiseki no Sedai.

Hajime no Ippo

Hajime no Ippo
  • Tahun: Fall 2000
  • Studio: Madhouse
  • Genre: Sports, Shounen

Bercerita tentang seorang siswa bernama Ippo Makunouchi yang bekerja untuk membantu ibunya di pelabuhan dan sering dirundung.

Suatu hari, Ippo bertemu dengan seorang petinju bernama Mamoru Takamura ketika dipukuli oleh sekelompok siswa di tepi sungai.

Kemudian, Mamoru membawa Ippo ke Kamogawa Boxing Gym untuk memberinya pertolongan pertama setelah dihajar hingga babak belur.

Oleh sebab itu, Ippo memutuskan untuk menjadi seorang petinju profesional dengan mulai berlatih tinju di Kamogawa Boxing Gym.


Kaze ga Tsuyoku Fuiteiru

Kaze ga Tsuyoku Fuiteiru
  • Tahun: Fall 2018
  • Studio: Production I.G
  • Genre: Drama, Sports

Cerita berawal ketika seorang mantan pelari yang belajar di Jurusan Sosiologi Universitas Kansei, Kakeru Kurahara, melarikan diri setelah mencuri makanan.

Kemudian, Kakeru bertemu dengan seorang atlet lari dari Fakultas Sastra, Haiji Kiyose, yang mengajaknya untuk datang ke sebuah asrama bernama Chikusei-so.

Ternyata, Haiji mengajak Kakeru untuk menjadi penghuni ke-10 Chikusei-so, yang sebenarnya adalah kamp pelatihan bagi anggota Klub Lari Universitas Kansei.

Haiji berniat untuk mengikuti lomba lari estafet maraton Hakone Ekiden dengan membuat tim bersama semua penghuni Chikusei-so yang kebanyakan masih pemula.

Ballroom e Youkoso

Ballroom e Youkoso
  • Tahun: Summer 2017
  • Studio: Production I.G
  • Genre: Comedy, Drama, Romance, Sports, School, Shounen

Mengisahkan tentang seorang siswa bernama Tatara Fujita yang kesulitan dalam menentukan sesuatu yang ingin dilakukannya di masa depan.

Suatu hari, Tatara diselamatkan oleh seorang penari profesional bernama Kaname Sengoku dari sekelompok siswa nakal yang mengganggunya.

Lalu, Sengoku mengajak Tatara untuk mencoba olahraga dansa di Studio Dansa Ogasawara yang sedang membutuhkan murid karena baru dibuka.

Tatara memutuskan untuk bergabung karena ingin mengikuti kompetisi sebagai seorang penari profesional setelah menonton tarian Sengoku.


Diamond no Ace

Diamond no Ace
  • Tahun: Fall 2013
  • Studio: Production I.G, Madhouse
  • Genre: Sports, School, Shounen

Cerita berawal ketika seorang pitcher dari tim baseball SMP Akagi, Sawamura Eijun, gagal melaju ke Kejuaraan Baseball Nasional setelah mengalami kekalahan.

Maka dari itu, Sawamura dan teman-temannya berjanji untuk mewujudkan mimpinya maju ke Kejuaraan Baseball Nasional di SMA dengan masuk ke sekolah yang sama.

Namun, Sawamura justru mendapat undangan untuk bergabung dengan SMA Seidou yang terkenal akan tim baseballnya karena memiliki kemampuan pitching yang unik.

Kemudian, Sawamura memilih untuk menjadi anggota tim baseball SMA Seidou dengan mengincar posisi sebagai Ace setelah mendapat dukungan dari teman-temannya.

Yowamushi Pedal

Yowamushi Pedal
  • Tahun: Fall 2013
  • Studio: TMS Entertainment
  • Genre: Sports, Shounen

Mengisahkan tentang seorang siswa SMA bernama Onoda Sakamichi yang selalu berangkat sekolah melalui tanjakan curam dengan city bike miliknya.

Onoda juga sering mengendarai sepedanya sejauh 90 KM untuk menempuh perjalanan pulang pergi ke Akihabara dengan gratis sebagai seorang otaku.

Suatu hari, Onoda diminta untuk bertanding oleh seorang pembalap sepeda bernama Imaizumi Shunsuke yang kebetulan melihatnya mendaki tanjakan.

Kemudian, Onoda memutuskan untuk bergabung dengan Klub Balap Sepeda sehingga harus berjuang agar dapat memenangkan balapan sepeda Inter High.


Free!

Free!
  • Tahun: Summer 2013
  • Studio: Kyoto Animation, Animation Do
  • Genre: Sports, School

Mengisahkan tentang seorang siswa bernama Haruka Nanase yang mampu berenang dengan cepat sejak kecil meskipun tidak memedulikan kecepatannya.

Haruka pernah memenangkan turnamen renang estafet bersama teman-teman masa kecilnya, yakni Rin Matsuoka, Makoto Tachibana, dan Nagisa Hazuki.

Namun, Rin meninggalkan Klub Renang karena ingin menjadi atlet renang Olimpiade dengan pindah ke luar negeri untuk belajar di sekolah renang.

Rin juga berubah setelah kembali sehingga Rin membentuk Klub Renang di SMA Iwatobi bersama Makoto dan Nagisa untuk menghadapinya di turnamen.

Ao Ashi

Ao Ashi
  • Tahun: Spring 2022
  • Studio: Production I.G
  • Genre: Sports, Seinen

Mengisahkan tentang seorang siswa SMP miskin bernama Ashito Aoi yang berbakat dalam bermain sepak bola meskipun sering menghiraukan posisi dan formasi timnya.

Namun, Aoi mengalami kekalahan setelah membuat keributan pada turnamen sepak bola terakhirnya di SMP sehingga kehilangan kesempatan untuk memperoleh beasiswa.

Lalu, Aoi bertemu dengan mantan gelandang timnas Jepang, Tatsuya Fukuda, yang menjadi pelatih Tim Junior Tokyo City Esperion FC setelah pensiun karena cedera.

Fukuda ingin membuat tim yang mampu menaklukkan dunia sehingga mengundang Aoi untuk mengikuti seleksi sebab terkesan dengan bakatnya dalam bermain sepak bola.