Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tribute: 9 Anime Terbaik Sepanjang Sejarah Studio Manglobe

Manglobe adalah sebuah perusahaan studio animasi Jepang yang didirikan pada 2 Februari 2002 oleh Shinichirou Kobayashi dan Takashi Kochiyama.

Namun, perjalanan Studio Manglobe di industri anime harus berakhir setelah berhenti beroperasi pada tahun 2015 karena mengalami kebangkrutan.

Meski begitu, anime produksi Studio Manglobe tidak dapat dipandang sebelah mata, sebab Studio Manglobe terkenal dengan serial anime original.

Bagi kamu yang penasaran dengan anime buatan Studio Manglobe, berikut ini daftar rekomendasi anime terbaik sepanjang sejarah Studio Manglobe.

Anime Terbaik Sepanjang Sejarah Studio Manglobe

Deadman Wonderland

Deadman Wonderland
  • Tahun: Spring 2011
  • Studio: Manglobe
  • Genre: Action, Horror, Sci-Fi, Supernatural, Gore, Shounen

Menceritakan tentang seorang siswa SMP bernama Ganta Igarashi yang dituduh sebagai pelaku pembunuhan massal setelah semua teman sekelasnya dibantai oleh "Akai Otoko".

Namun, Ganta tidak bisa mengelak selama persidangan sehingga dijatuhi hukuman mati sambil menunggu waktu eksekusi dengan menjalani masa tahanan di Deadman Wonderland.

Deadman Wonderland adalah penjara sekaligus taman hiburan yang mewajibkan para tahanan untuk menghibur pengunjung dengan mempertaruhkan nyawa dalam atraksi berbahaya.

Maka dari itu, Ganta harus berusaha untuk mencari Akai Otoko dengan bantuan seorang gadis misterius bernama Shiro agar dapat membuktikan bahwa dirinya tidak bersalah.


Samurai Champloo

Samurai Champloo
  • Tahun: Spring 2004
  • Studio: Manglobe
  • Genre: Action, Adventure, Comedy, Historical, Samurai

Menceritakan tentang 2 samurai, yakni Mugen dan Jin, yang dijatuhi hukuman mati karena terang-terangan menentang penguasa.

Namun, mereka berhasil melarikan diri dengan bantuan seorang gadis bernama Fuu saat menjalani eksekusi pemenggalan kepala.

Kemudian, Fuu meminta agar mereka berjanji untuk membantunya mencari "Samurai yang berbau bunga matahari" sebagai imbalan.

Oleh karena itu, mereka harus melakukan perjalanan bersama Fuu meski tidak memiliki petunjuk dan menjadi buronan penguasa.

Kami nomi zo Shiru Sekai

Kami nomi zo Shiru Sekai
  • Tahun: Fall 2010
  • Studio: Manglobe
  • Genre: Comedy, Romance, Supernatural, Harem, Shounen

Bercerita tentang seorang siswa bernama Keima Katsuragi yang dijuluki Otoshigami karena telah menaklukkan sepuluh ribu horeine dalam game simulasi kencan.

Suatu hari, Keima menerima sebuah pesan berisi permintaan untuk menaklukkan seorang gadis, kemudian iblis bernama Elucia de Lute Ima muncul di hadapannya.

Elucia bertugas menangkap jiwa yang terlepas dari neraka dan ternyata Keima secara tidak sengaja telah membuat kontrak dengan iblis karena membalas pesan.

Elucia meminta Keima untuk membantunya mengeluarkan jiwa yang terlepas yang bersembunyi dalam hati manusia dengan membuat gadis yang dirasuki jatuh cinta.


Ergo Proxy

Ergo Proxy
  • Tahun: Winter 2006
  • Studio: Manglobe
  • Genre: Mystery, Sci-Fi, Psychological

Menceritakan tentang seorang inspektur bernama Re-L Mayer yang tinggal di kota bernama Romdeau yang menjadi tempat manusia dan robot disebut AutoReiv hidup berdampingan.

Suatu hari, sebuah virus bernama Cogito tiba-tiba menyerang AutoReiv sehingga AutoReiv yang terinfeksi tidak dapat dikendalikan oleh manusia dan memiliki kesadaran diri.

Kemudian, Re-L diserang oleh makhluk misterius hasil penelitian rahasia yang dilakukan pemerintah disebut Proxy dalam investigasi untuk menyelesaikan kasus virus Cogito.

Oleh karena itu, Re-L melakukan penyelidikan untuk mengungkap dalang di balik serangan Cogito dan misteri tentang keberadaan Proxy dengan dukungan AutoReiv bernama Iggy.

Gangsta.

Gangsta.
  • Tahun: Summer 2015
  • Studio: Manglobe
  • Genre: Action, Drama, Seinen

Cerita berlatar di Ergastulum, sebuah kota yang menjadi sarang kriminal setelah kemunculan orang-orang dengan kemampuan luar biasa disebut Twilight.

Twilights sangat ditakuti dan dianggap monster, tetapi tidak bisa bertahan tanpa obat khusus sehingga harus mengenakan liontin sebagai tanda pengenal.

Worick Arcangelo dan Nicolas Brown yang dikenal sebagai "Handymen" bekerja dengan menerima permintaan yang bahkan tidak bisa diselesaikan oleh polisi.

Worick dan Nicholas sering berhadapan dengan Twilights ketika menyelesaikan pekerjaan kotor untuk membereskan orang-orang yang tidak mengikuti aturan.


Karneval

Karneval
  • Tahun: Spring 2013
  • Studio: Manglobe
  • Genre: Action, Fantasy, Mystery, Sci-Fi, Josei

Cerita berawal ketika seorang pemuda bernama Nai melarikan diri dari jeratan seorang wanita bersama seorang pencuri bernama Gareki.

Nai menjadi tawanan setelah mengikuti jejak darah untuk mencari keluarganya yang tiba-tiba menghilang dari rumah, Karoku Arumerita.

Nai dan Gareki bertemu dengan anggota badan pertahanan bernama Circus yang bertugas untuk memburu monster pemakan manusia "Varuga".

Kemudian, Nei dan Gareki bergabung dengan Circus untuk membantu menemukan sebuah organisasi kriminal yang telah menciptakan Varuga.

Saraiya Goyou

Saraiya Goyou
  • Tahun: Spring 2010
  • Studio: Manglobe
  • Genre: Drama, Historical, Samurai, Seinen

Mengisahkan tentang seorang samurai bernama Akitsu Masanosuke yang menjadi ronin setelah dipecat oleh tuannya karena tidak dapat diandalkan.

Suatu hari, Akitsu mendapat pekerjaan setelah bertemu dengan seorang pria bernama Yaichi yang kebetulan sedang membutuhkan seorang pengawal.

Ternyata, Yaichi adalah anggota dari kelompok kriminal "Lima Daun" yang mencari uang dengan menculik anak orang kaya yang berperilaku buruk.

Kemudian, Aikitsu memutuskan untuk bergabung dengan Lima Daun setelah diundang oleh Yaichi dan mengetahui alasan mereka melakukan kejahatan.


Michiko to Hatchin

Michiko to Hatchin
  • Tahun: Fall 2008
  • Studio: Manglobe
  • Genre: Action, Adventure

Cerita berawal ketika seorang tahanan wanita bernama Michiko Malandro melarikan diri dari sebuah penjara dengan penjagaan super ketat untuk yang ke-4 kalinya.

Lalu, Machiko bertemu dengan seorang gadis bernama Hana "Hatchin" Morenos yang hidup dalam penderitaan sebab mendapat perlakuan buruk dari keluarga angkatnya.

Machiko memutuskan untuk membawa Hana dengan mengaku sebagai ibu kandungnya kerena Hana ternyata menjadi kunci dalam menemukan seorang pria dari masa lalunya.

Maka dari itu, Machiko melakukan petualangan bersama Hana meski menjadi buronan polisi dan harus menghadapi kelompok mafia yang mengincarnya dalam perjalanan.

Seiken no Blacksmith

Seiken no Blacksmith
  • Tahun: Fall 2009
  • Studio: Manglobe
  • Genre: Action, Adventure, Fantasy

Cerita berawal ketika seorang kesatria perempuan bernama Cecily Campbell hampir kehilangan nyawa setelah pedang warisan keluarganya terpotong dalam pertarungan.

Kemudian, Cecily diselamatkan oleh seorang pandai besi bernama Luke Ainsworth yang mampu memotong pedang lawannya dengan mudah menggunakan sebuah pedang katana.

Oleh sebab itu, Cecily meminta Luke untuk membuatkan sebuah pedang yang dapat memotong pedang lain sebagai pengganti pedangnya yang terpotong dalam pertarungan.

Akan tetapi, Luke menolak dengan mengatakan bahwa telah berhenti menempa pedang setelah ayahnya meninggal dunia sehingga Cecily harus mencoba untuk membujuknya.