Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar 9 Rekomendasi Anime Music Dengan Cerita Yang Menyentuh

Tidak sebatas untuk menemukan lagu yang enak didengar, penggemar anime juga mencari rekomendasi anime music terbaik karena ingin menikmati cerita yang bagus.

Anime music yang bagus kebanyakan memiliki cerita menyentuh, entah menyedihkan maupun mengharukan, diiringi musik instrumental meskipun sebagian dengan lagu.

Musik instrumental yang disajikan dalam anime music, baik musik klasik ataupun tradisional, dapat menghidupkan suasana sehingga cerita akan terasa menyentuh.

Jika kamu menyukai anime bertema musik yang mempunyai cerita bagus, di bawah ini telah disiapkan daftar rekomendasi anime music dengan cerita yang menyentuh.

Daftar Anime Music Dengan Cerita Menyentuh

Shigatsu wa Kimi no Uso

Shigatsu wa Kimi no Uso
  • Tahun: Fall 2014
  • Studio: A-1 Pictures
  • Genre: Drama, Romance, Music, School, Shounen

Menceritakan tentang seorang pemain piano berbakat bernama Kousei Arima yang telah memenangkan berbagai kompetisi piano saat masih kecil.

Namun, Kousei berhenti menjadi pianis karena tidak bisa memainkan piano setelah ibunya meninggal, sehingga dunia tampak monokrom baginya.

Suatu hari, Kousei bertemu dengan seorang pemain biola bernama Kaori Miyazono yang akan tampil sebagai peserta di sebuah kompetisi biola.

Kousei pun mencoba untuk bermain piano kembali setelah hidupnya berubah menjadi penuh warna karena bertemu dan menonton penampilan Kaori.


Kono Oto Tomare!

Kono Oto Tomare!
  • Tahun: Spring 2019
  • Studio: Platinum Vision
  • Genre: Drama, Romance, Music, School, Shounen

Bercerita mengenai seorang siswa SMA bernama Takezo Kurata yang menjadi anggota terakhir Klub Koto (alat musik tradisional Jepang) setelah seniornya lulus dari sekolah.

Oleh karena itu, Klub Koto terancam dibubarkan, sehingga Takezo harus berjuang untuk mencari anggota ketika tahun ajaran baru dimulai supaya Klub Koto tidak dibubarkan.

Kemudian, Takezo ditolong dari gangguan sekelompok siswa oleh seorang siswa berandalan bernama Chika Kudo yang ingin menjadi anggota Klub Koto karena mendiang kakeknya.

Selain itu, seorang putri Grand Master koto yang bertujuan menjadi juara Kompetisi Koto tingkat nasional, Satowa Hozuki, dan siswa lain juga bergabung dengan Klub Koto.


Hibike! Euphonium

Hibike! Euphonium
  • Tahun: Spring 2015
  • Studio: Kyoto Animation
  • Genre: Drama, Music, School

Cerita berpusat pada seorang pemain eufonium bernama Kumiko Oumae yang gagal melaju ke Kompetisi Musik Orkestra Nasional semasa SMP.

Kumiko juga berselisih dengan anggota klubnya, Reina Kousaka, sehingga masuk ke SMA Kitauji yang jarang dipilih oleh teman-temannya.

Namun, Kumiko justru bertemu dengan Reina, yang kembali berambisi untuk maju ke Kompetisi Musik Orkestra Nasional setelah masuk SMA.

Kemudian, Kumiko diminta oleh teman kelasnya, Sapphire Kawashima dan Hazuki Katou, untuk bergabung dengan Klub Orkestra SMA Kitauji.

Oleh karena itu, Kumiko memutuskan untuk bergabung dengan Klub Orkestra yang ternyata menargetkan Kompetisi Musik Orkestra Nasional.

Vivy: Fluorite Eye's Song

Vivy: Fluorite Eye's Song
  • Tahun: Spring 2021
  • Studio: Wit Studio
  • Genre: Action, Sci-Fi, Music

Mengisahkan tentang AI berwujud manusia bernama Diva "Vivy" yang diciptakan dengan misi untuk membahagiakan semua orang melalui nyanyiannya.

Diva ingin bernyanyi di Panggung Utama NiaLand, tetapi program yang memperkenalkan diri dengan nama pengembangnya, Matsumoto, memasuki Diva.

Matsumoto mengaku sebagai Super AI yang dikirim dari masa depan dengan misi untuk menghancurkan seluruh AI bersama Diva 100 tahun mendatang.

Matsumoto menjelaskan bahwa seluruh AI di dunia akan hilang kendali, sehingga Diva harus mencegahnya untuk menyelamatkan masa depan manusia.


Mashiro no Oto

Mashiro no Oto
  • Tahun: Spring 2021
  • Studio: Shin-Ei Animation
  • Genre: Drama, Slice of Life, Music, School, Shounen

Bercerita tentang seorang remaja bernama Setsu Sawamura yang tumbuh bersama kakak dan kakeknya dalam sebuah keluarga pemain shamisen.

Setsu berbakat dan sangat menyukai suara tsugaru-shamisen yang dimainkan kakeknya sehingga ingin memainkan shamisen seperti kakeknya.

Namun, Setsu memutuskan untuk pergi ke Tokyo setelah kakeknya meninggal karena merasa hampa dan kehilangan tujuan memainkan shamisen.

Setsu mencoba untuk menemukan gaya bermainnya sendiri setelah bertemu dengan orang-orang yang mendukungnya bermain shamisen di Tokyo.

Takt Op. Destiny

Takt Op. Destiny
  • Tahun: Fall 2021
  • Studio: Madhouse, MAPPA
  • Genre: Action, Fantasy, Music

Cerita berlatar setelah Bumi dijatuhi meteorit yang memiliki kekuatan misterius sehingga banyak yang mencoba untuk menyelidiki rahasia di baliknya.

Kemudian, Bumi dihujani meteorit hitam yang memunculkan monster disebut D2 yang akan menyerang semua yang memainkan musik, sehingga musik dilarang.

Namun, orang-orang yang mendapatkan kekuatan misterius dari meteorit "Conductors" bersama partnernya "Musicarts" muncul untuk bertarung melawan D2.

Suatu hari, seorang pianis bernama Takt Asahina menjadi Conductor setelah diserang D2 ketika tampil bersama teman masa kecilnya, Cosette Schneider.

Cosette tewas dalam serangan, lalu bangkit menjadi Musicart bernama Destiny sehingga Takt dan Destiny harus bertarung bersama untuk mengalahkan D2.


White Album 2

White Album 2
  • Tahun: Fall 2013
  • Studio: Satelight
  • Genre: Drama, Romance, Slice of Life, Music

Mengisahkan tentang seorang gitaris bernama Haruki Kitahara yang menjadi anggota Klub Musik Ringan bersama temannya, Takeya Iizuka.

Namun, terjadi konflik sehingga semua anggota Klub Musik Ringan memutuskan untuk berhenti sebelum diadakan festival budaya sekolah.

Oleh sebab itu, Haruki meminta seorang siswi populer bernama Setsuna Ogiso untuk menjadi anggota Klub Musik Ringan sebagai vokalis.

Haruki juga mengundang teman sekelasnya yang ternyata berbakat dalam musik, Touma Kazusa, untuk bergabung dengan Klub Musik Ringan.

Given

Given
  • Tahun: Summer 2019
  • Studio: Lerche
  • Genre: Boys Love, Drama, Romance, Slice of Life, Music

Cerita berawal ketika seorang siswa SMA bernama Ritsuka Uenoyama melihat siswa di sekolahnya, Mafuyu Satou, tertidur sambil memeluk erat gitar yang sudah rusak.

Uenoyama memutuskan untuk memperbaiki gitar Mafuyu karena kasihan, tetapi Mafuyu justru meminta Uenoyama mengajarinya bermain gitar setelah gitarnya diperbaiki.

Namun, Uenoyama menolak permintaan Mafuyu sehingga Mafuyu berusaha untuk membujuk Uenoyama dengan mengikutinya ke sebuah studio tempat anggota bandnya berlatih.

Mafuyu bertemu dengan drummer, Kaji Akihiko, serta bassist, Haruki Nakayama, dan menunjukkan keseriusannya sehingga Uenoyama akhirnya setuju untuk mengajarinya.


Tari Tari

Tari Tari
  • Tahun: Summer 2012
  • Studio: P.A. Works
  • Genre: Slice of Life, Music, School

Menceritakan tentang seorang siswi kelas tiga bernama Konatsu Miyamoto yang ingin tampil bersama Klub Vokal di resital tahunan SMA Shirahamazaka.

Namun, Konatsu tidak diperbolehkan untuk bernyanyi dengan Klub Vokal oleh Wakil Kepala Sekolah setelah melakukan kesalahan pada tahun sebelumnya.

Konatsu memutuskan untuk keluar dari Klub Vokal, kemudian membuat Klub Paduan Suara dengan mengajak teman-temannya karena sangat ingin bernyanyi.