Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penuh Teka-Teki, 9 Anime Dengan Cerita Paling Membingungkan

Tidak semua anime dapat dinikmati sebagai hiburan, beberapa anime justru hanya bisa dinikmati sebagai kepingan puzzle yang harus disatukan agar bisa dipahami secara utuh.

Anime-anime yang membingungkan dan penuh teka-teki punya cerita cukup radikal, tidak seperti anime-anime pada umumnya, sehingga sulit ditemukan dan tidak terlalu populer.

Oleh karena itu, anime-anime dengan jalan cerita yang membingungkan tidak banyak diluncurkan, bahkan sebagian sudah dirilis sangat lama. Namun, masih tetap sangat menghibur.

Apabila kamu memiliki energi berlebih untuk berpikir dengan menikmati anime yang penuh teka-teki, berikut daftar 9 anime dengan cerita paling membingungkan yang bisa kamu pilih.

9 Anime Yang Bikin Bingung

Paprika

Paprika
  • Tahun: Fall 2006
  • Studio: Madhouse
  • Genre: Avant Garde, Fantasy, Horror, Mystery, Sci-Fi, Suspense, Psychological

Mengisahkan tentang 3 orang ilmuwan, yaitu Atsuko Chiba, Shima Torataro, dan Kosaku Tokita, yang berkerja sebagai peneliti di Psychiatric Research Institute.

Mereka mengembangkan "DC Mini", sebuah perangkat yang dapat membuka pintu menuju mimpi dan memungkinkan seseorang untuk berbagi mimpi dengan orang lain.

Namun, seseorang mencuri DC Mini lalu menyalahgunakannya untuk melakukan teror dengan masuk ke pikiran orang lain agar mimpi dan kenyataan menjadi satu.

Maka dari itu, mereka berusaha merebut kembali DC Mini untuk menghentikan teror dengan bantuan seorang detektif, Toshimi Konakawa dan seorang wanita misterius, Paprika.

Neon Genesis Evangelion

Neon Genesis Evangelion
  • Tahun: Fall 1995
  • Studio: Gainax, Tatsunoko Production
  • Genre: Action, Avant Garde, Drama, Sci-Fi, Mecha, Psychological

Berlatar pada 2015, bumi di ambang kehancuran karena serangan Malaikat yang tidak dapat dikalahkan dengan senjata konvensional.

Orang-orang hanya dapat menaruh harapan pada NERV, sebuah organisasi rahasia di bawah kendali Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Ketika mengunjungi ayahnya di Tokyo, seorang pelajar bernama Shinji Ikari terpilih menjadi pilot Evangelion Unit-01 untuk melawan Malaikat.

Perfect Blue

Perfect Blue
  • Tahun: Winter 1998
  • Studio: Madhouse
  • Genre: Avant Garde, Drama, Horror, Psychological

Bermula ketika seorang anggota idol group CHAM, Mima Kirigoe, membuat pengumuman akan meninggalkan grup untuk mengejar karir sebagai aktris.

Setelah keluar dari CHAM, Mima pun mencoba untuk menghilangkan citra sebagai pop idol dengan mengambil peran dalam serial drama kriminal.

Akan tetapi, Mima justru dikuntit untuk dipublikasikan di sebuah website oleh seorang penggemar yang tidak terima bahwa Mima meninggalkan CHAM.

FCFL

FCFL
  • Tahun: Spring 2000
  • Studio: Gainax, Production I.G
  • Genre: Action, Avant Garde, Comedy, Sci-Fi, Mecha, Parody, Psychological

Mengisahkan tentang Naota Nandaba, seorang siswa yang sering menghabiskan waktu bersama pacar kakaknya, Mamimi Samejima, di tepi sungai di bawah jembatan.

Suatu hari, sebuah tanduk tiba-tiba muncul di kepala Naota setelah ditabrak dan dipukul dengan gitar oleh seorang gadis Vespa yang mengaku sebagai alien, Haruko Haruhara.

Namun, Haruko ternyata akan tinggal bersama Naota di rumah orang tuanya dengan menjadi pembantu rumah tangga, sehingga Naota pun terseret ke dalam sebuah kekacauan besar.

Serial Experiments Lain

Serial Experiments Lain
  • Tahun: Summer 1998
  • Studio: Triangle Staff
  • Genre: Avant Garde, Drama, Mystery, Sci-Fi, Supernatural, Psychological

Serial Experiments Lain mengisahkan tentang Lain Iwakura, seorang pelajar introvert yang tidak pandai dalam menggunakan komputer.

Suatu hari, teman-teman Lain mendapat email dari Yomoda Chisa, seorang siswa yang telah meninggal bunuh diri dengan melompat dari atas bangunan.

Saat memeriksa email miliknya, Lain ternyata juga menerima sebuah email dari Yomoda Chisa yang menjelaskan bahwa dirinya masih hidup.

Lain pun berusaha menelusuri misteri kematian Chisa hingga terseret ke dalam sebuah dunia tanpa batas antara realitas dan dunia maya.

Mawaru Penguindrum

Mawaru Penguindrum
  • Tahun: Summer 2011
  • Studio: Brain's Base
  • Genre: Avant Garde, Comedy, Drama, Mystery, Psychological

Menceritakan tentang saudara kembar, Kanba dan Shouma, yang harus merewat adik perempuan mereka, Himawari, yang mengidap sebuah penyakit mematikan.

Suatu hari, Kanba dan Shouma mengajak Himawari pergi ke akuarium untuk melihat penguin setelah dokter memvonis bahwa usia Himawari sudah tidak lama lagi.

Namun, Himawari dinyatakan meninggal setelah melihat penguin, lalu dihidupkan kembali oleh sebuah topi penguin yang didapat dari toko souvenir di akuarium.

Saat memakai topi penguin, Himawari akan dirasuki oleh entitas yang meminta Shouma dan Kanba untuk menemukan "Penguin Drum" bila ingin Himawari tetap hidup.

Devilman: Crybaby

Devilman: Crybaby
  • Tahun: Winter 2018
  • Studio: Science SARU
  • Genre: Action, Avant Garde, Horror, Supernatural, Demons

Bercerita tentang Akira Fudou, seorang remaja yang akan menangis saat melihat orang lain bersedih meskipun orang yang bersedih tidak menangis.

Setelah pulang sekolah, Akira dibawa ke sebuah pesta pemuja setan, Sabbath, oleh seorang profesor dari Amerika bernama Asuka Ryo.

Ryo pergi ke Jepang untuk mencari bukti tentang keberadaan iblis yang merasuki tubuh manusia dan menyebarkan kebenarannya pada seluruh dunia.

Ketika Di Sabbath, Akira dirasuki oleh iblis bernama Amon setelah terlibat kekacauan akibat kebangkitan iblis yang bersemayam dalam tubuh manusia.

Mousou Dairinin

Mousou Dairinin
  • Tahun: Winter 2004
  • Studio: Madhouse
  • Genre: Avant Garde, Drama, Mystery, Supernatural, Suspense, Police, Psychological

Cerita bermula ketika desainer karakter terkenal, Tsukiko Sagi, diserang dengan pemukul baseball oleh bocah misterius dalam perjalanan pulang ke rumah.

Lalu, detektif Keiichi Ikari dan rekannya, Mitsuhiro Maniwa berusaha menyelidiki identitas penyerang karena penyerangan di jalan semakin sering terjadi.

Namun, terjadi paranoia karena semakin banyak orang yang menjadi korban teror penyerangan dengan pemukul baseball oleh bocah yang dijuluki "Shounen Bat".

Boogiepop wa Warawanai

Boogiepop wa Warawanai
  • Tahun: Winter 2019
  • Studio: Madhouse
  • Genre: Avant Garde, Drama, Horror, Mystery, Supernatural, Psychological

Mengisahkan tentang Touka Miyashita, seorang siswi Shinyo Academy, yang secara tidak sadar menjadi Boogiepop untuk melawan "musuh-musuh dunia".

Boogiepop merupakan urban legend mengenai Dewa Kematian yang akan membunuh seorang gadis ketika dalam kondisi tercantik sebelum menjadi jelek.

Namun, Boogiepop sebenarnya hanya muncul untuk melawan "musuh-musuh dunia" saat umat manusia dalam bahaya dan merasakan kesengsaraan di sekitarnya.